Kamis, 14 Mei 2015

SOAL UJI KOMPETENSI XI MULTIMEDIA 2015

SMK SUDIRMAN SEMAANG
JL. MERBAU RAYA BANYUMANIK SEMARANG

 

SOAL UJI KOMPETENSI  KEJURUAN

TAHUN PELAJARAN 2014/2015
 


Satuan Pendidikan  :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian         :           Multimedia
Kelas                                   :           XI ( sebelas )
Alokasi Waktu                    :           Sesuai Jam Mata Pelajaran
Bentuk Soal                        :           Penugasan Perorangan
 


MERAWAT PERALATAN MULTIMEDIA
1.      Anda diminta untuk mengindentifikasi sebuah peralatan  multimedia dalam sebuah laborat kompuer, buatkan konsep pembenahan ruang computer yang presentatif dan ramah terhadap keselamatan dan kesehatan kerja.
Buatkanlah kartu perawatan peralatan multimedia

ANIMASI 2 DIMENSI
2.      Anda diminta untuk membuat sebuah tampilan bumper sebuah video clips dari sebuah perusahaan, dengan criteria sebagai berikut :
-          konseplah project yang akan anda buat diatas kertas yang disediakan
-          berikan gambaran yang detail dalam kocep yang anda buat
-          project dibuat dengan menggunakan macromedia flash
-          pergunakan aplijkasi lain untuk mendukung project tersebut
-          durasi waktu 30 detik
-          simpan dalam keadaan SWF

PEMELIHARAAN WEB
3.    Buatkan rancangan sebuah layout website lengkap dengan HTML yang bertemakan transaksi online tiket udara, laut, dan darat dengan tujuan di nusantara Indonesia, contoh semarang-jakarta, semarang-bali,Kalimantan-semarang,dll. selain itu buatkan sebuah animasi yang berhubungan dengan tiket tujuan tersebut.


SOAL UJI KOMPETENSI X MULTIMEDIA 2015

SMK SUDIRMAN SEMAANG
JL. MERBAU RAYA BANYUMANIK SEMARANG

 

SOAL UJI KOMPETENSI  KEJURUAN

TAHUN PELAJARAN 2014/2015
 


Satuan Pendidikan  :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian         :           Multimedia
Kelas                                   :           X ( sepuluh )
Alokasi Waktu                    :           Sesuai Jam Mata Pelajaran
Bentuk Soal                        :           Penugasan Perorangan
 


SENI GRAFIS ( PHOTOSHOP )
1.      Anda diminta untuk membuat sebuah flamflet / brosur tentang sebuah lomba design grafis dengan kretiria sebagai berikut :
-          Ukuran A4
-          Resolusi 150 pixels
-          Ruler and grid tampil di workspace
-          Menggunakan antar layer dalam bekerja
-          Penggunaan gambar sesuai dengan tema
-          Gambar pendukung diperbolehkan foto terlebih dahulu atau download
-          Penyimpanan file dalam bentuk PSD ( bukan JPEG )
-          Konseplah pekerjaamu sebelum mebuatnya diatas kertas yang disediakan.



TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR
2.      Anda diminta untuk membuat bumper/ tampilan awal  film iklan komersial atau iklan layanan masyarakat yang telah anda shoting beberapa waktu yang lalu.
Dengan criteria sebagai berikut :
-          Konseplah tampilan yang akan dibuat diatas kertas yang disediakan
-          Berikan gambaran detail masing masing tampilan
-          Tetap berpedoman terhadap konsep yang ada.
-          Menggunakan perpaduan object dari aplikasi yang tersedia flash / photoshop
-          Membuat animasi sesuai dengan kreasi
-          Bawa hasil ke dalam aplikasi film corel studio atau sejenisnya
-          Kreatifitas sangat diperlukan
-          Pendukung hardware / MOUSE sangat menentukan hasil ( disarankan membawa sendiri dari rumah ).
-          Simpan dalam bentuk film jadi / MPEG / SWF

ANIMASI 2 DIMENSI
3.      Anda diminta membuat project Media hanya pada tampilan awal dari sebuah MPI, namun sudah dapat memberikan gambaran yang utuh, dengan criteria sebagai berikut :
-          Konseplah MPI tersebut di atas kertas yang disediakan.
-          Gunakan macromedia flash untuk membuatnya
-          Gunakan pula pendukung aplikasi yang lainnya
-          Halaman 1 berisikan nama sekolah, logo, judul , tombol masuk, proses loading 100%
-          Halaman  2 berisikan menu utama : 1.) profile 2.) Judul MPI 3.) Selesai
-          Halaman 3 berisikan profil dirimu sendiri ( nama, alamat rumah, no. telp, tombol next )

-          Halaman 4 berisikan SELESAI