I.
Pilihlah
salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar
jawaban yang tersedia !
ANIMASI 2
DIMENSI
1.
Asal kata animasi berasal dari bahasa Inggris yakni ....
A. Animat
B. Animate
C. Animates
D. Animation
E. Animats
2.
Definisi dari animasi adalah ....
A. Menghidupkan
B. Memberikan
kehidupan
C. Benda
mati yang hidup
D. Menggerakkan
benda hidup
E. Jiwa benda mati
3. Proses
membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang
berbeda seolah-olah hidup adalah definisi dari ....
A. Animasi
B. Film
animasi
C. Kartun
animasi
D. Animasi pendek
E. Kartun
4. Pengertian
animasi pada dasarnya adalah ....
A. Menggerakkan objek agar tampak lebih hidup
B. Menggerakkan objek agar tampak lebih cantik
C. Menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis
D. Menggerakkan objek agar tampak lebih seni
E. Menggerakkan objek agar tampak lebih indah
5. Animasi
dulunya sangat sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa
jenis,yaitu ....
A. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi 4D
B. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi klay
C. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi clay
D. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi kartun
E. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi murni
6. Animasi
(2D) ,atau yang biasa disebut film kartun.Kartun sendiri berasal dari kata
cartoon yang artinya ....
A. Gambar
yang lucu
B. Gambar
yang dinamis
C. Gambar
yang lucu dan dinamis
D. Gambar
yang unik
E. Gambar yang unik dan dinamis
7. Contoh
film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image ( CGI
)adalah dibawah ini ....
A. Finding Nemo
B. Looney Tunes, dan Scooby Doo
C. Doraemon Legenda Raja
Matahari
D. The Lion King
E. Brother Bear
8. Teknologi
yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan bernuansa 3
( tiga ) dimensi tak sekedar datar adalah definisi dari ....
A. C D I
B. G C I
C. C G I
D. I D G
E. 3 D
PENCAHAYAAN
PADA PRODUKSI MULTIMEDIA
9. Fungsi lighting yang
hanya sebatas menerangi panggung beserta unsur-unsurnya serta pementasan dapat
terlihat pada ....
A.
Lighting
sebagai pencahayaan
B.
Lighting
sebagai penerangan
C.
Tersedianya
peralatan dan perlengkapan
D.
Tata letak dan titik focus
E.
Penguasaan alat dan perlengkapan
10. Fungsi
lighting sebagai unsur artisitik pementasan. Yang satu ini,
bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah,
adalah …
A.
Lighting
sebagai pencahayaan
B.
Lighting
sebagai penerangan
C.
Tersedianya
peralatan dan perlengkapan
D.
Tata letak dan titik focus
E.
Penguasaan alat dan perlengkapan
11. Keserasian
penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan. Hal ini berarti, lightingman
harus memiliki pengetahuan tentang warna adalah …
A.
Lighting
sebagai pencahayaan
B.
Lighting
sebagai penerangan
C.
Tersedianya
peralatan dan perlengkapan
D.
Keseimbangan warna
E.
Penguasaan alat dan perlengkapan
12. Lightingman
harus memiliki pemahaman mengenai sifat …
A.
Lighting
sebagai pencahayaan
B.
Penguasaan
alat dan perlengkapan
C.
Tersedianya
peralatan dan perlengkapan
D.
Keseimbangan warna
E.
Penguasaan alat dan perlengkapan
13. Cahaya
matahari disebut sebagai cahaya …
A.
Langsung
B.
Tak langsung
C.
Terhalang dengan kabut atau mega
D.
Terfilter dengan baik
E.
Yang harus di olah dalam pembuatan film
SENI GRAFIS
PADA TAMPILAN MULTIMEDIA
14. Format
file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses
editing gambar yaitu?
A. JPEG
B. GIF
C. PSD
D. CDR
E.
BMP
15.
Jelaskan secara singkat mengenai format file gambar
BMP?
A. File
disimpan dalam bentuk deretan bit-bit yang nilainya mewakili kode warna dalam
suatu titik.
B. Format
file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel untuk mempermudah proses
editing gambar
C. Format
file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Adobe Photoshop untuk mempermudah
proses editing gambar
D. Format
gambar standar untuk gambar-gambar hasil fotografi
E.
Format gambar standar untuk gambar-gambar hasil
Videografi
16.
Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi
Adobe Photoshop untuk mempermudah proses editing gambar yaitu?
A. JPEG
B. GIF
C. PSD
D. PSF
E.
BMP
17.
Short cut untuk menutup program Corel Draw adalah
A. Ctrl
+ C
B. Ctrl
+ V
C. Alt
+ F4
D. Alt
+ x
E.
Alt + C
18.
Sebutkan beberapa program aplikasi multimedia berbasis
vektor selain CorelDRAW !
A. Adobe
Illustrator, Macromedia Freehand, Adobe Photoshop
B. Adobe
Illustrator, Macromedia Freehand, Macromedia Dream weaver
C. Adobe
Illustrator, Macromedia Freehand, Macromedia Flash
D. Macromedia
Flash, Macromedia Freehand, Adobe Photoshop
E.
Macromedia Flash, Auto Cad, Adobe Photoshop
19.
Apakah fungsi dari shaping pada CorelDRAW
A. Menggabung
objek
B. Menduplicate
objek
C. Mengcopy
objek
D. Memotong
objek
E.
Menghapus objek
20.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar Vektor ?
A. Gambar
yang dibuat dari unsur titik
B. Gambar
yang dibuat dari unsur garis dan kurva
C. Gambar
yang dibuat dari unsur pixel dan resolusi
D. Gambar
yang dibuat dari unsur image dan kurva
E.
Gambar yang dibuat dari unsur objek
21.
Ikon pada Tool box adalah ….
A.
Ellipse tool
B.
Freehand tool
C.
Eyedropper tool
D.
Rectangle tool
E.
Graph paper tool
22. Perhatikan gambar berikut !
Gambar tersebut
adalah proses untuk mengatur ….
A.
Bezier Tool
B.
Guideline
C.
Koordinat
D.
Gridlines
E.
Ruler
23.
Perhatikan penempatan teks berikut ini !
Peralatan
pada menu text yang digunakan untuk meletakkan teks seperti pada gambar
tersebut adalah ….
A.
Format Text
B.
Straighten Text
C.
Fit Text To Path.
D.
Align to Baseline.
E.
Fit Text To Frame
TEKNIK
PENGAMBILAN GAMBAR
24. Macam-macam bidang pandangan pada saat
perekaman gambar diantaranya adalah:
A. PAN, Crab
B. ELS, PAN
C. CU, Bird Eye
D. BCU, ELS
E. Crab, MLS
25. LCD kepanjangan dari:
A. Light Camera Digital
B. Light Camera Display
C. Liquid
Cristal Display
D. Light Cristal Display
E Led Character Display
26. Di bawah ini yang bukan digital video kamera
adalah:
A. Panasonic
B. Betacam SX
C. Mini
DV
D. DV Cam
E. CV Profesisonal
27. Berapa durasi kaset Mini DV yang digunakan untuk
pengambilan gambar?
A. 50 menit
B. 90 menit
C. 60 menit
D 120 menit
E. 75 menit
28. Di bawah ini yang bukan kategori video kamera
adalah:
A. Broadcasting Videop Camere
B. Home Used Camera
C. Professional Video Camera
D Electronic Camera
E. Semi Professional Camere
29. Perangkat perekam gambar video yang mampu
menyimpan gambar digital dari mode gambar analog ke gambar digital adalah:
A. Mini DV
Camcorder
B. Video Camera
C. Digital
Camera
D. Analog Camera
E. Image Scanner
30. Teknik penyuntingan
video yang dilakukan dengan memotong-motong bahan video yang diberi istilah
klip dan disusun dengan menggunakan video player dan
perekam (VCR-Video Cassete Recorder), dan bisa juga menggunakan dua player
adalah:
A. Teknik
Zooming
B. Teknik Non Linier
C. Teknik
Pedestal
D. Broadcast Video
e. Teknik Linier
31. Pengambilan gambar dan menyajikan
bidang pandangan yang sangat luas, atau kamera mengambil
keseluruhan pandangan. Obyek utama dan obyek
lainnya nampak sangat kecil dalam hubungannya dengan latar
belakang disebut:
A. MCU
B. MLS
C. ELS
D. ML
E. LS
32. Proses pemilihan pemain dalam pembuatan film disebut:
A. casting
B. crabing
C. packing
D. switching
E. tracking
33. Di bawah ini yang bukan
tim produksi adalah:
A. konsumen
B. sutradara
C. switcher
D. teknisi
E. editor
34. Alat yang digunakan untuk menerima getaran suara dan
merubahnya menjadi sinyal elektronik adalah:
A. earphone
B. microphone
C. mixer
D. speaker
E. amplifier
35. Pada pembuatan film, tugas dari switcher adalah:
A. editing
B. mengatur dan memilih pemain
C. pengatur
cahaya
D. mengatur
dan memilih tampilan video
E. mengatur tata cahaya
MEMBUAT
STORY BOARD APLIKASI MULTIMEDIA
36. Hal apa yang perlu dipersiapkan
sebelum storyboard dibuat ....
A. adegan
B. narator
C. sketsa
D. foto
E. skrip
37. Fungsi dari storyboard adalah ....
A. Membuat sketsa
B. Merencanakan gambar
C. Membangun animasi
D. Membuat pola lukisan
E. Mendramatisir adegan
38. Teknik dasar dalam pembuatan
storyboard adalah ....
A. shade
B. light
C. cut
D. maintain
E. color
39. Jenis sudut pengambilan gambar dalam
storyboard yang membuat karakter Nampak kecil disebut ....
A. medium shoot
B. high camera angle
C. wide shoot
D. small shoot
E. long shoot
40. Jalan lain untuk menjelajahi kemungkinan
narasi atau untuk melatih sebuah penampilan adalah ....
A. Panel kartun
B. Sketsa
C. foto
D. Story telling
E. Story board
41. Salah satu informasi yang dapat ditampilkan
terhadap karakter dan bagaimana mereka bergerak adalah ....
A. Lokasi kamera
B. Animasi karakter
C. Peran pengganti
D. pesan moral
E. efek suara
42. Konsep apa yang digunakan dalam proses
perancangan grafis dalamstoryboard ....
A. Konsep verbal + visual
B. Konsep Audio + visual
C. Konsep 5W + 1 H
D. Konsep Formulasi + Klasifikasi
E. Konsep 3D + 2D
43. Uji coba sebelum storyboard yang
ditulis di tuangkan dalam bentuk visual dan audio biasa disebut dengan ....
A. Konseptual
B. Pretest
C. Dokumentasi
D. Postest
E. Implementasi
44. Strategi diperlukan dalam upaya proses
menyampaikan pesan secara efektif dan efisien, cara yang biasa dipergunakan yaitu
....
A. Strategi feedback dan assesment
B. Strategi scanning dan formulasi
C. Strategi arif dan bijaksana
D. Strategi Komunikatif dan kreatif
E. Strategi visual dan audio
45. Rencana lakon sandiwara atau film
berupa adegan demi adegan yang tertulis secara terperinci disebut dengan ....
A. visualisasi
B. Skenario
C. Script
D. Stryboard
E. Flipbook
46. Orang yang bertugas untuk mengedit naskah
skenario yang akan diproduksi oleh sebuah perusahaan disebut dengan istilah
....
A. Script writer
B. Sinemator
C. Produser
D. Storyboard artis
E. Artis
47. NaratorPembuat storyboard dikenal dengan
istilah ....
A. Storyboard artis
B. Compositor
C. Sutradara
D. Produser
E. Pemeran utama
48. Salah satu unsure dalam pembuatan storyboard yang berhubungan dengan penentuan seberapa banyak
layar kita isi dengan subyekadalah ....
A. Framing
B. Timing
C. Shot Size
D. Compositioning
E. Editing
49. Gambar yang mencerminkan unsure komposisi
dalam pembuatan storyboard disebut dengan komposisi ....
A.Diagonal Lines
B. Horizontal Lines
C. Perspective
D. Vertikal Lines
E.Thirds
50. Salah satu framing dalam pembuatan
storyboard adalah ....
B.
Close
up
C.Masking
D.Long
shot
E. Compositioning
II. Kerjakan
Soal dibawah ini dengan jawaban yang tepat dan terstruktur.
1.
Jelaskan Apa yang dimaksud dengan animasi!
2.
Sebutkan contoh-contoh animasi yang bertema dalam sebuah tayangan film?
3.
Siapa pencetus animasi,
tahun berapa dan berkewarganegaraan mana ?
4.
Sebutkan macam-macam software yang digunakan untuk animasi !
5.
Alat apa saja yang
digunakan untuk membuat animasi ?