Senin, 16 Mei 2016

LATIHAN SOAL X MULTIMEDIA


I.          Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan cara memberi tanda silang  (X) pada huruf a, b, c, d atau e pada lembar jawaban yang tersedia !
ANIMASI 2 DIMENSI
1.    Asal kata animasi berasal dari bahasa Inggris yakni ....
A. Animat
B. Animate
C. Animates
D. Animation
E.  Animats
2.    Definisi dari animasi adalah ....
A. Menghidupkan
B. Memberikan kehidupan
C. Benda mati yang hidup
D. Menggerakkan benda hidup
E.  Jiwa benda mati
3.    Proses membuat objek yang asalnya suatu benda mati secara berurutan dalam posisi yang berbeda seolah-olah hidup adalah definisi dari ....
A. Animasi
B. Film animasi
C. Kartun animasi
D. Animasi  pendek
E.  Kartun
4.    Pengertian animasi pada dasarnya adalah ....
A. Menggerakkan objek agar tampak lebih hidup
B. Menggerakkan objek agar tampak lebih cantik
C. Menggerakkan objek agar tampak lebih dinamis
D. Menggerakkan objek agar tampak lebih seni
E. Menggerakkan objek agar tampak  lebih indah
5.   Animasi dulunya sangat sederhana,namun sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis,yaitu ....
A. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi 4D
B. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi klay
C. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi clay
D. Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi kartun
E.  Animasi 2D,animasi 3D,dan animasi murni

6.    Animasi (2D) ,atau yang biasa disebut film kartun.Kartun sendiri berasal dari kata cartoon yang artinya ....
A.  Gambar yang lucu
B.  Gambar yang dinamis
C.  Gambar yang lucu dan dinamis
D.  Gambar yang unik
E.   Gambar yang unik dan dinamis
7.    Contoh film animasi yang disebut animasi 3D atau computer generated image ( CGI )adalah dibawah ini ....
A.   Finding Nemo
B.   Looney Tunes, dan Scooby Doo
C.   Doraemon Legenda Raja Matahari
D.   The Lion King
E.    Brother Bear
8.   Teknologi yang menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar hidup dan bernuansa 3 ( tiga ) dimensi tak sekedar datar adalah definisi dari ....
A.  C D I
B.   G C I
C.   C G I
D.   I D G
E.   3 D

PENCAHAYAAN PADA PRODUKSI MULTIMEDIA
9.      Fungsi lighting yang hanya sebatas menerangi panggung beserta unsur-unsurnya serta pementasan dapat terlihat pada ....
A.    Lighting sebagai pencahayaan
B.     Lighting sebagai penerangan
C.     Tersedianya peralatan dan perlengkapan
D.    Tata letak dan titik focus
E.     Penguasaan alat dan perlengkapan
10.  Fungsi lighting sebagai unsur artisitik pementasan.  Yang satu ini, bermanfaat untuk membentuk dan mendukung suasana sesuai dengan tuntutan naskah, adalah …
A.       Lighting sebagai pencahayaan
B.        Lighting sebagai penerangan
C.        Tersedianya peralatan dan perlengkapan
D.       Tata letak dan titik focus
E.        Penguasaan alat dan perlengkapan
11.  Keserasian penggunaan warna cahaya yang dibutuhkan. Hal ini berarti, lightingman harus memiliki pengetahuan tentang warna adalah …
A.       Lighting sebagai pencahayaan
B.        Lighting sebagai penerangan
C.        Tersedianya peralatan dan perlengkapan
D.       Keseimbangan warna
E.        Penguasaan alat dan perlengkapan
12.  Lightingman harus memiliki pemahaman mengenai sifat …
A.       Lighting sebagai pencahayaan
B.        Penguasaan alat dan perlengkapan
C.        Tersedianya peralatan dan perlengkapan
D.       Keseimbangan warna
E.        Penguasaan alat dan perlengkapan
13.  Cahaya matahari disebut sebagai cahaya …
A.       Langsung
B.        Tak langsung
C.        Terhalang dengan kabut atau mega
D.       Terfilter dengan baik
E.        Yang harus di olah dalam pembuatan film



SENI GRAFIS PADA TAMPILAN MULTIMEDIA
14.  Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel Draw untuk mempermudah proses editing gambar yaitu?
A.  JPEG
B.  GIF
C.  PSD
D.  CDR
E.   BMP
15.    Jelaskan secara singkat mengenai format file gambar BMP?
A.  File disimpan dalam bentuk deretan bit-bit yang nilainya mewakili kode warna dalam suatu titik.
B.  Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Corel untuk mempermudah proses editing gambar
C.  Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Adobe Photoshop untuk mempermudah proses editing gambar
D.  Format gambar standar untuk gambar-gambar hasil fotografi
E.   Format gambar standar untuk gambar-gambar hasil Videografi
16.    Format file gambar yang dikhususkan untuk aplikasi Adobe Photoshop untuk mempermudah proses editing gambar yaitu?
A.  JPEG
B.  GIF
C.  PSD
D.  PSF
E.   BMP
17.    Short cut untuk menutup program Corel Draw adalah
A.  Ctrl + C
B.  Ctrl + V
C.  Alt + F4
D.  Alt + x
E.   Alt + C
18.    Sebutkan beberapa program aplikasi multimedia berbasis vektor selain CorelDRAW !
A.  Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Adobe Photoshop
B.  Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Macromedia Dream weaver
C.  Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Macromedia Flash
D.  Macromedia Flash, Macromedia Freehand, Adobe Photoshop
E.   Macromedia Flash, Auto Cad, Adobe Photoshop
19.    Apakah fungsi dari shaping pada CorelDRAW
A.  Menggabung objek
B.  Menduplicate objek
C.  Mengcopy objek
D.  Memotong objek
E.   Menghapus objek
20.    Jelaskan apa yang dimaksud dengan gambar Vektor ?
A.  Gambar yang dibuat dari unsur titik
B.  Gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva
C.  Gambar yang dibuat dari unsur pixel dan resolusi
D.  Gambar yang dibuat dari unsur image dan kurva
E.   Gambar yang dibuat dari unsur objek
21.    Ikon   pada Tool box adalah ….
A.    Ellipse tool
B.     Freehand tool
C.     Eyedropper tool
D.    Rectangle tool
E.     Graph paper tool







22.    Perhatikan gambar berikut !


Gambar tersebut adalah proses untuk mengatur ….
A.   Bezier Tool
B.   Guideline
C.   Koordinat
D.   Gridlines
E.    Ruler

23.    Perhatikan penempatan teks berikut ini !
Description: Fit Text To Path




Peralatan pada menu text yang digunakan untuk meletakkan teks seperti pada gambar tersebut adalah ….
A.    Format Text
B.     Straighten Text
C.     Fit Text To Path.
D.    Align to Baseline.
E.     Fit Text To Frame

TEKNIK PENGAMBILAN GAMBAR
 24.  Macam-macam bidang pandangan pada saat perekaman gambar diantaranya adalah:
A. PAN, Crab                                                 
B. ELS, PAN                                                   
C. CU, Bird Eye
D. BCU, ELS
E.  Crab, MLS
25.  LCD kepanjangan dari:
A.  Light Camera Digital
B.  Light Camera Display
C.  Liquid Cristal Display
D.  Light Cristal Display
E   Led Character Display
26.  Di bawah ini yang bukan digital video kamera adalah:
A.  Panasonic
B.  Betacam SX
C.  Mini DV                                                      
D.  DV Cam
E.  CV Profesisonal
27. Berapa durasi kaset Mini DV yang digunakan untuk pengambilan gambar?
A.  50 menit                                                      
B.  90 menit
C.  60 menit                                                      
D 120 menit
E.  75 menit
28. Di bawah ini yang bukan kategori video kamera adalah:
A. Broadcasting Videop Camere                     
B. Home Used Camera   
C. Professional Video Camera                        
D  Electronic Camera  
E. Semi Professional Camere
29.  Perangkat perekam gambar video yang mampu menyimpan gambar digital dari mode gambar analog ke gambar digital adalah:
A. Mini DV Camcorder                                  
B. Video Camera
C.  Digital Camera                                            
D.  Analog Camera
E.  Image Scanner
30.  Teknik penyuntingan video yang dilakukan dengan memotong-motong bahan video yang diberi istilah klip dan disusun dengan menggunakan video player dan perekam (VCR-Video Cassete Recorder), dan bisa juga menggunakan dua player adalah:
A. Teknik Zooming                                             
B. Teknik Non Linier
C. Teknik Pedestal                                              
D.  Broadcast Video
e. Teknik Linier
31.  Pengambilan     gambar   dan menyajikan   bidang   pandangan   yang   sangat luas, atau   kamera mengambil     keseluruhan   pandangan. Obyek utama dan obyek lainnya nampak sangat kecil dalam hubungannya     dengan latar belakang disebut:
A. MCU                                                           
B. MLS
C. ELS                                                            
D. ML
E. LS
32. Proses pemilihan pemain dalam pembuatan film disebut:
A. casting                                                        
B. crabing
C. packing                                                        
D. switching
E.  tracking
33. Di bawah ini yang bukan tim produksi adalah:
A. konsumen                                                   
B. sutradara
C. switcher                                                       
D. teknisi
E.  editor
34. Alat yang digunakan untuk menerima getaran suara dan merubahnya menjadi sinyal elektronik adalah:
A. earphone                                                      
B. microphone
C. mixer                                                          
D. speaker
E. amplifier
35. Pada pembuatan film, tugas dari switcher adalah:
A. editing                                                         
B. mengatur dan memilih pemain
C. pengatur cahaya                                          
D. mengatur dan memilih tampilan video
E. mengatur tata cahaya

MEMBUAT STORY BOARD APLIKASI MULTIMEDIA
36.  Hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum storyboard dibuat ....
A.    adegan
B.     narator
C.     sketsa
D.    foto
E.     skrip
37.  Fungsi dari storyboard adalah ....
A.    Membuat sketsa
B.     Merencanakan gambar
C.     Membangun animasi
D.    Membuat pola lukisan
E.     Mendramatisir adegan
38.  Teknik dasar dalam pembuatan storyboard adalah ....
A.    shade
B.     light
C.     cut
D.    maintain
E.     color
39.  Jenis sudut pengambilan gambar dalam storyboard yang membuat karakter Nampak kecil disebut ....
A.    medium shoot
B.     high camera angle
C.     wide shoot
D.    small shoot
E.     long shoot
40.  Jalan lain untuk menjelajahi kemungkinan narasi atau untuk melatih sebuah penampilan adalah ....
A.    Panel kartun
B.     Sketsa
C.     foto
D.    Story telling
E.     Story board
41.  Salah satu informasi yang dapat ditampilkan terhadap karakter dan bagaimana mereka bergerak  adalah ....
A.    Lokasi  kamera
B.     Animasi  karakter
C.     Peran  pengganti
D.    pesan  moral
E.     efek  suara
42.  Konsep apa yang digunakan dalam proses perancangan grafis dalamstoryboard ....
A.    Konsep  verbal + visual
B.     Konsep Audio + visual
C.     Konsep 5W + 1 H
D.    Konsep Formulasi + Klasifikasi
E.     Konsep 3D + 2D
43.  Uji coba sebelum storyboard yang ditulis di tuangkan dalam bentuk visual dan audio biasa disebut dengan ....
A.    Konseptual
B.     Pretest
C.     Dokumentasi
D.    Postest
E.     Implementasi
44.  Strategi diperlukan dalam upaya proses menyampaikan pesan secara efektif dan efisien, cara yang biasa dipergunakan yaitu ....
A.    Strategi feedback dan assesment
B.     Strategi scanning dan formulasi
C.     Strategi arif dan bijaksana
D.    Strategi Komunikatif dan kreatif
E.     Strategi visual dan audio
45.  Rencana lakon sandiwara atau film berupa adegan demi adegan yang tertulis secara terperinci disebut dengan ....
A.    visualisasi
B.     Skenario
C.     Script
D.    Stryboard
E.     Flipbook
46.  Orang yang bertugas untuk mengedit naskah skenario yang akan diproduksi oleh sebuah perusahaan disebut dengan istilah ....
A.    Script writer
B.     Sinemator
C.     Produser
D.    Storyboard artis
E.     Artis

47.  NaratorPembuat storyboard dikenal dengan istilah ....
A.    Storyboard artis
B.     Compositor
C.     Sutradara
D.    Produser
E.     Pemeran  utama
48.  Salah satu unsure dalam pembuatan  storyboard  yang berhubungan dengan penentuan seberapa banyak layar kita isi dengan subyekadalah ....
A.    Framing
B.     Timing
C.     Shot Size
D.    Compositioning
E.     Editing
49.  Gambar yang mencerminkan unsure komposisi dalam pembuatan storyboard disebut dengan komposisi ....
A.Diagonal  Lines
B.     Horizontal  Lines
C.     Perspective
D.    Vertikal  Lines
E.Thirds
50.  Salah satu framing dalam pembuatan storyboard adalah ....
B.     Close up
C.Masking
D.Long shot
E. Compositioning

II. Kerjakan Soal dibawah ini dengan jawaban yang tepat dan terstruktur.
1.       Jelaskan  Apa yang dimaksud dengan animasi!
2.       Sebutkan contoh-contoh animasi yang bertema dalam sebuah tayangan film?
3.       Siapa pencetus animasi, tahun berapa dan berkewarganegaraan mana ?
4.       Sebutkan macam-macam software yang digunakan untuk animasi !

5.       Alat apa saja yang digunakan untuk membuat animasi ?