SEKOLAH MENENGAH
KEJURUAN SUDIRMAN SEMARANG
BIDANG STUDI KEAHLIAN :
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN :
MULTI MEDIA (072)
A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Merakit personal computer
|
1.1
Merencanakan
kebutuhan dan spesifikasi
1.2
Melakukan
instalasi komponen PC
1.3 Melakukan
keselamatan kerja dalam merakit komputer
1.4 Mengatur
komponen PC menggunakan software (melalui setup BIOS dan aktifasi
komponen sistem operasi).
1.5 Menyambung
periferal menggunakan Software
1.6 Memeriksa
hasil perakitan PC dan pemasangan periferal.
|
2. Melakukan instalasi sistem operasi dasar
|
2.1 Menjelaskan langkah
instalasi sistem operasi
2.2 Melaksanakan
instalasi software sesuai Installation Manual
2.3 Mengecek
hasil instalasi menggunakan software (sampling)
2.4 Melakukan
troubleshooting.
|
3. Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan
Lingkungan Hidup (K3LH)
|
3.1
Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
3.2
Melaksanakan prosedur K3
3.3
Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4
Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada
kecelakaan.
|
Multi Media (072)
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
1. Memahami etimologi multimedia
|
1.1 Mendeskripsikan
tentang multimedia
1.2 Menjelaskan
multimedia content production
1.3 Menjelaskan
multimedia communication.
|
2. Memahami alir proses produksi produk multimedia
|
2.1
Menjelaskan
proses pre production multimedia
2.2
Menjelaskan
proses production multimedia
2.3
Menjelaskan proses post production multimedia.
|
3. Merawat peralatan multimedia
|
3.1 Menjelaskan
langkah-langkah perawatan peralatan multimedia
3.2 Melakukan
perawatan peralatan multimedia
3.3 Membuat
kartu perawatan peralatan multimedia.
|
4. Mengelola isi halaman web
|
4.1 Memeriksa
informasi untuk relevansi dan currency
4.2 Memeriksa
links dan navigasi
4.3 Mengedit
informasi sesuai kebutuhan
4.4 Menguji
dan memastikan perubahan perubahan.
|
5. Menerapkan teknik pengambilan gambar produksi
|
5.1 Menjelaskan prosedur pengoperasian kamera video
5.2 Mengoperasikan kamera video
5.3 Mengisi
dan merawat battery selama pengambilan gambar
5.4 Mengoperasikan
kamera
5.5 Menata kabel-kabel kamera
5.6 Mengoperasikan
clapper board.
|
6. Menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam
desain komunikasi visual untuk multimedia
|
6.1 Menjelaskan
kaidah estetika dan etika seni grafis (nirmana)
6.2 Membuat
sketsa
6.3 Menggambar
perspektif
6.4 Menggambar
objek
6.5 Menggambar
ilustrasi.
|
7. Menguasai cara menggambar kunci untuk animasi
|
7.1 Menjelaskan
syarat animasi
7.2 Membuat
gambar kunci
7.3 Mengatur
dan melengkapi gambar kunci.
|
8. Menguasai cara menggambar clean-up dan sisip
|
8.1 Mendeskripsikan
gambar yang asli
8.2 Membuat
gambar-gambar asli
8.3 Mendeskripsikan
gambar tiga dimensi
8.4 Membuat
gambar tiga dimensi.
|
9. Menguasai dasar animasi stop-motion (bidang datar)
|
9.1 Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
9.2 Membuat
model warna dan tempat warna.
|
10. Menggabungkan
teks kedalam sajian multimedia
|
10.1 Menggunakan
software teks multimedia
10.2 Mendesain
teks multimedia.
|
11. Menggabungkan
gambar 2D kedalam sajian multimedia
|
11.1 Mengedit
gambar digital
11.2 Menggunakan
software grafik multimedia
2D
11.3 Menciptakan
design grafik Multimedia 2D
11.4 Menampilkan
karya seni digital 2D.
|
12. Menggabungkan fotografi digital kedalam sajian
multimedia
|
12.1 Menggunakan
kamera digital
12.2 Menggabungkan
foto digital kedalam rangkaian Multimedia
12.3 Menciptakan
susunan karya seni foto digital dan grafik 2D.
|
13. Menggabungkan audio ke dalam sajian multimedia
|
13.1 Menjabarkan
format audio digital
13.2 Menggunakan
software audio digital
13.3 Merancang
audio digital
13.4 Membangun
track audio digital.
|
14. Membuat story board aplikasi
multimedia
|
14.1 Mengidentifikasi
kebutuhan
14.2 Merencanakan
alur isi story board
14.3 Medeskripsikan
proses pelaksanaan dalam story board.
|
15. Memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya.
|
15.1 Menjelaskan
dasar tata cahaya
15.2 Menjelaskan
efek cahaya
15.3 Menyiapkan
operasi lighting
|
16. Menerapkan efek khusus pada objek produksi
|
16.1 Mengidentifikasikan
materi penunjang efek khusus
16.2 Menginstallasi
software efek khusus
16.3 Membuat
efek khusus pada obyek.
|
17. Menyusun proposal penawaran
|
17.1 Menganalisa
syarat-syarat proyek
17.2 Mengidentifikasi
keterampilan yang sesuai dengan persyaratan laporan
17.3 Membuat
rancangan biaya biaya dan sumber sumber yang ada
17.4 Membuat proposal
17.5 Membuat
pengajuan permohonan tender.
|