Jumat, 04 Maret 2016

KISI KISI UJIAN SEKOLAH TEORI KEJURUAN MULTIMEDIA 2016

UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

KISI-KISI SOAL TEORI KEJURUAN


Satuan Pendidikan
:
Sekolah Menengah Kejuruan

Kompetensi Keahlian
:
Multimedia

Kode
:
2089

Alokasi Waktu
:
120 menit




No.
Standar Kompetensi Lulusan

Kemampuan yang Diuji




1
Merakit Personal Komputer

Mendeskripsikan instalasi komponen PC
2
Melakukan Instalasi Sistem Operasi
Melaksanakan instalasi software sesuai

Dasar

Installation Manual



Menjelaskan langkah instalasi system



operasi
3
Menerapkan Keselamatan Kerja dan
Melaksanakan prosedur K3

Lingkungan Hidup (K3LH)


4
Memahami etimologi multimedia

Menjelaskan multimedia content



production



Menjelaskan multimedia communication
5
Memahami Alir Proses Produksi

Menjelaskan proses pre production

Produk Multimedia

multimedia



Menjelaskan proses production



multimedia



Menjelaskan proses post production



multimedia
6
Merawat peralatan multimedia

Menjelaskan langkah-langkah perawatan



peralatan multimedia



Melakukan perawatan peralatan



multimedia
7
Mengelola isi halaman web

Menjelaskan cara pengeditan informasi



sesuai kebutuhan



Menguji dan memastikan perubahan



perubahan
8
Menerapkan teknik pengambilan

Menjelaskan prosedur pengoperasian

gambar produksi

kamera video



Menjelaskan pengoprasian kamera
9
Menerapkan prinsip-prinsip seni

Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni

grafis dalam desain komunikasi

grafis (nirmana)

visual untuk multimedia

Menerapkan gambar ilustrasi
10
Menguasai cara menggambar kunci
Menjelaskan syarat animasi

untuk animasi

Menerapkan gambar kunci
11
Menguasai cara menggambar clean-
Mendeskripsikan gambar yang asli

up dan sisip

Mendeskripsikan gambar tiga dimensi



Menerapkan gambar tiga dimensi


No.
Standar Kompetensi Lulusan
Kemampuan yang Diuji





12
Menguasai dasar animasi stop-motion
Mendeskripsikan syarat-syarat animasi


(bidang datar)
Menerapkan model warna dan tempat



warna

13
Menggabungkan teks kedalam sajian
Menggunakan software teks multimedia


multimedia



Menjelaskan cara mendesain teks



multimedia

14
Menggabungkan gambar 2D kedalam
Menjelaskan cara Menggunakan software


sajian multimedia
grafik multimedia 2D



Menjelaskan cara Menciptakan design



grafik Multimedia 2D







Menampilkan karya seni digital 2D

15
Menggabungkan fotografi digital
Menjelaskan cara Menggabungkan foto


kedalam sajian multimedia
digital ke dalam rangkaian multimedia



Menjelaskan cara Menciptakan susunan



karya seni foto digital dan grafik 2D





16
Menggabungkan audio ke dalam
Menerapkan software audio digital


sajian multimedia


17
Membuat story board aplikasi
Merencanakan alur isi story board


multimedia
Medeskripsikan proses



pelaksanaan dalam story board





18
Memahami cara penggunaan
Menjelaskan dasar tata cahaya


peralatan tata cahaya
Menjelaskan efek cahaya





19
Menerapkan efek khusus pada objek
Mengidentifikasikan materi penunjang


produksi
efek khusus



Menerapkan efek khusus pada obyek

20
Menyusun proposal penawaran
Menganalisa syarat-syarat proyek



Merancang biaya-biaya dan sumber-



sumber yang ada