Rabu, 15 Juli 2020
PENGERTIAN, PRINSIP-PRINSIP, DAN PERBEDAAN ANIMASI ( XI MULTIMEDIA )
A. Pengertian Animasi
Animasi berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat. Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup, disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan spesial efek.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California, 2002)
Yang artinya kurang lebih adalah :
“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa bergerak sendiri.
Animasi juga berasal dari kata ”Animation” yang dalam bahasa Inggris ”to animate” yang berarti menggerakan.
Jadi animasi dapat diartikan sebagai menggerakan sesuatu (gambar atau obyek) yang diam.
Sejarah animasi dimulai dari jaman purba, dengan ditemukannya lukisan-lukisan pada dinding goa di Spanyol yang menggambarkan ”gerak” dari binatang-binatang. Pada 4000 tahun yang lalu bangsa Mesir juga mencoba menghidupkan suatu peristiwa dengan gambar-gambar yang dibuat berurutan pada dinding.
Sejak menyadari bahwa gambar bisa dipakai sebagai alternatif media komunikasi, timbul keinginan menghidupkan lambang-lambang tersebut menjadi cermin ekspresi kebudayaan. Terbukti dengan diketemukannya berbagai artefak pada peradapan Mesir Kuno 2000 sebelum masehi. Salah satunya adalah beberapa panel yang menggambarkan aksi dua pegulat dalam berbagai pose.
Animasi sendiri tidak akan pernah berkembang tanpa ditemukannya prinsip dasar dari karakter mata manusia yaitu: persistance of vision (pola penglihatan yang teratur). Paul Roget, Joseph Plateau dan Pierre Desvigenes, melalui peralatan optic yang mereka ciptakan, berhasil membuktikan bahwa mata manusia cenderung menangkap urutan gambar-gambar pada tenggang
waktu tertentu sebagai suatu pola. Dalam perkembangannya animasi secara umum bisa didefinisikan sebagai:
Suatu sequence gambar yang diekspos pada tenggang waktu tertentu sehingga tercipta sebuah ilusi gambar bergerak
Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu:
a. Computer Assisted Animation, animasi pada kategori ini biasanya menunjuk pada system animasi 2 dimensi, yaitu mengkomputerisasi proses animasi tradisional yang menggunakan gambaran tangan. Computer digunakan untuk pewarnaan, penerapan virtual kamera dan penataan data yang digunakan dalam sebuah animasi.
b. Computer Generated Animation, pada kategori ini biasanya digunakan untuk animasi 3 dimensi dengan program 3D seperti 3D Studio Max, Maya, Autocad dll.
Animasi merupakan salah satu bentuk visual bergerak yang dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan materi pelajaran yang sulit disampaikan secara konvensional. Dengan diintergrasikan ke media lain seperti video, presentasi, atau sebagai bahan ajar tersendiri animasi cocok untuk menjelaskan materi-materi pelajaran yang secara langsung sulit dihadirkan di kelas atau disampaikan dalam bentuk buku. Sebagai misal proses bekerjanya mesin mobil atau proses terjadinya tsunami.
B. Pengertian secara Multimedia
Menurut Rosch definisi animasi adalah kombinasi dari computer dan video, menurut McCornick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks. Menurut Turban, dkk multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan gambar video. Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkan dalam konteks seperti yang dilakukan Hofstetter, multimedia adalah pemanfaatan computer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tools yang memungkinkan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.
C. Prinsip Dasar Animasi
a. Jenis-Jenis Animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1. Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
3. Animasi Komputer (Computer Graphics Animation)
Tugas ini dikerjakan setelah membaca dan memahami materi diatas, klik pada link ini :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLScilCNT0pUQDhM42Hc-pRMvBbmINpFMOBRxMpfJ2zqgXuRdZg/viewform?vc=0&c=0&w=1
Minggu, 12 Juli 2020
MATERI MATA PELAJARAN AUDIO VIDIO
PENGERTIAN VIDEO
Video adalah teknologi pemrosesan sinyal elektronik mewakilkan
gambar bergerak. Aplikasi umum dari teknologi video adalah televisi, tetapi dia
dapat juga digunakan dalam aplikasi teknik, saintifik, produksi dan keamanan.
MACAM-MACAM VIDIO
Video IP Adalah
video yang dilewatkan melalui IP. Terdapat tiga kategori video pada saat mereka
dipancarkan pada publik baik melewati satelit, melalui kabel, dan melalui IP
atau format radio analog.
·
Kategori pertama
adalah memancarkan video dari satu sumber ke berbagai tujuan. Pemancaran
seperti ini terjadwal, sedangkan pemancaran lewat IP multicast kepada pengguna
jaringan bisa secara langsung atau rekaman.
·
Kategori kedua adalah
video berdasarkan permintaan, jadi hanya satu pengguna yang ingin melihat
transmisi file video yang disimpan dalam IP unicast. Video ini sebelumnya
direkam dan disimpan di server.
·
Kategori ke tiga
adalah sebuah konferensi video interaktif yang bisa berlangsung antara 2 atau
lebih pengguna. Ini adalah tipe video paling kompleks, dan dibutuhkan baik
transmisi IP unicast bahkan di beberapa kasus multicast tergantung skenarionya
masing-masing.
Videotex Istilah yang dibuat ITU untuk menjelaskan peralatan TV yang
digunakan untuk menampilkan data berbasis komputer, baik dikirimkan lewat
telepon atau lewat kanal pemancar.
Video Out Fitur pada perangkat keras yang bisa menghubungkan kamera ke
video in port pada televisi atau monitor dan menampilkan citra digital di layar
video.
Video RAM Disingkat
dengan VRAM. Tipe spesial dari DRAM yang memungkinkan akses direct high speed
memory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahal bila dibandingkan
chips DRAM yang konvensional.
Videotext Suatu kemampuan untuk mengirimkan mentransmisikan secara dua
arah dari suatu gambar dan suara.
PENGERTIAN AUDIO
Audio Dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik
digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk
menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi
yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi,
amplifier dan lainnya.
MACAM-MACAM AUDIO
Audiovisual Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan
penampilan gambar, biasanya digunakan untuk presentasi, home theater, dsb.
Audio Streaming istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara
live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan
menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan
streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya
sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio
(ram) dan liquid radio.
Audio response Suara yang dihasilkan oleh komputer.Output pembicaraan
yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya
permintaan nomor telepon.
Audio Oscillator Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard yang
pertama. Produk ini digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya
yang berjudul Fantasia.
Audio Modem Riser Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat
sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog
(kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.
Tugas ini dikerjakan setelah membaca dan memahami materi diatas, klik pada link ini :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc6fjfWHvu-sfjVvfiSqFkozP0UagZ3Y4HCFkIk5oyokeh7NA/viewform?vc=0&c=0&w=1
Tugas ini dikerjakan setelah membaca dan memahami materi diatas, klik pada link ini :
https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc6fjfWHvu-sfjVvfiSqFkozP0UagZ3Y4HCFkIk5oyokeh7NA/viewform?vc=0&c=0&w=1
Langganan:
Postingan (Atom)