Jenis-jenis Animasi
sejarah animasi sangatlah panjang. Animasi yang dulunya mempunyai prinsip yang
sederhana, sekarang telah berkembang menjadi beberapa jenis. Dan berikut adalah
sedikit ulasan dari jenis animasi.
a. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut
dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar
yang lucu. Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak
sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Looney Tunes, Pink
Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo, Doraemon, Mulan, Lion King, Brother Bear,
Spirit, dan banyak lagi.
b. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D
semakin berkembang dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari
animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan
nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar
Studio), maka berlomba-lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis.
Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ, Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2, Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars, Valian. Kesemuanya
itu biasa juga disebut dengan animasi 3D atau CGI (Computer Generated Imagery).
c. Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
Kata orang, meskipun sekarang sudah jamannya Pizza dan Bistik, namun
terkadang kita juga masih kangen dengan masakan tradisional seperti sayur asem.
Ungkapan tersebut cocok buat animasi Clay Animation.
Jenis ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya.
Padahal teknik animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story
membuka era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang nenek moyangnya animasi.
Karena animasi pertama dalam bentuk CIay Animation. Meski namanya clay (tanah
liat), yang dipakai bukanlah tanah liat biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan
lentur seperti permen karet yang ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam
animasi Clay dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu
kerangka tersebut ditutup dengan plasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat.
Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan
dipasang lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap, lalu difoto gerakan per gerakan. Fotofoto tersebut lalu digabung menjadi gambar yang bisa bergerak seperti yang kita
tonton di film. Animasi Clay termasuk salah satu jenis dari Stop-motion picture.
Film Animasi Clay Pertama dirilis bulan Februari 1908 berjudul, A Sculptors Welsh
Rarebit Nightmare. Untuk beberapa waktu yang lalu juga, beredar film clay yang
berjudul Chicken Run.
d. Animasi Jepang (Anime)
Film-film yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa.
Namun, Jepang pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak memproduksi anime
(sebutan untuk animasi Jepang). Berbeda dengan animasi Amerika, anime Jepang tidak
semua diperuntukkan untuk anak-anak, bahkan ada yang khusus dewasa.
Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr. Osamu Tezuka. Beliau
menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan Astro Boy. Seperti film animasi
Amerika atau Eropa, Anime juga terdiri dari beberapa jenis, tapi yang membedakan
bukan cara pembuatannya, melainkan formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film
bioskop.
Minggu, 15 Maret 2020
Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang RAM
Sejujurnya memasang memori RAM (RANDOM ACCES MEMORY) sangatlah mudah , karena memang modul memori RAM (RANDOM ACCES MEMORY) sudah di setting agar memudahkan para opreker komputer. Lalu kenapa memasang RAM (RANDOM ACCES MEMORY) menjaadi yang dibahas dalam proyek merakit computer?
Beberapa pertanyaan yang sering ditujukan oleh mereka yang baru memulai belajar merakit computer dan berkaitan dengan memasang RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) adalah apakah RAM (RANDOM ACCESS MEMORY ) yang dibeli sudah sesuai dengan komputer yang akan dibangun dan hal-hal seputar dual channel serta three channel.
Jika kamu belum membeli RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) maka pastikan kamu membeli RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) yang benar atau kamu bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang petunjuk agar tidak salah mebeli perangkat computer. Untuk mengingatkan saja RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) yang kamu beli ditentukan oleh Motherboard yang sudah kamu beli. Perhatikan pada support memory apakah DDR 2,DDR 3, atau DDR 4. Selain itu perhatikan pada maksimal kapasitas yang didukung.
Untuk pemasangan kamu bisa melakukan dengan memasukan RAM (RANDOM ACCES MEMORY) ke slot yang tersedia. Jika pada suatu sisi kamu tidak bisa memasangnya maka tinggal diputar saja dengan memasang pada sisi yang lain. Karena RAM (RANDOM ACCES MEMORY) hanya dapat dipasang pada satu sisi dan tidak bisa dipasang pada sisi yang lainya maka tidak ada yang perlu dihawatirkan.
Disisi lain fitur dual channel yang tersedia yang akan memperepat kinerja komputer , hanya bisa aktif jika terpasang dua modul RAM begitu pula fitur tiga channel. Itu artinya jika kamu hanya memasang satu RAM , maka fitur tersebut tidak akan aktif meskipun begitu RAM tetap akan berjalan seperti biasa. Untuk pemasangan agar fitur dual channel aktif , pemasangan harus bersilang. Hal ini berlaku untuk motherboard yang memiliki 4 atau lebih slot memory RAM. Maksud dari bersilang adalah jika kamu memasang satu RAM pada slot no satu maka RAM yang kedua harus dipasang pada slot RAM no 3.
Satu hal lagi agar tidak terjadi pincang (bottleneck) pada kinerja RAM dengan fitur dual Channel , maka usahakan spesifikasi dari RAM yang digunakan sama persis baik merk,kecepatan dan kapasitas.
Nah uraian diatas semoga sedikit membantu kamu yang akan merakit computer dan pada tahap memasang RAM. Termakasih
elemen-elemen yang terdapat disistem komputer dan fungsi kerja dari strukutr komputer
ELEMEN SISTEM KOMPUTER
Agar komputer dapat berfungsi sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemnnya terdiri dari HARDWARE, SOFTWARE dan BRAINWARE. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa Software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (Brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. Berikut ini uraian elemen sistem komputer.
- Hardware atau perangkat keras: peralatan komputer yang terlihat secara fisik dan dapat dipegang. Hardware merupakan peralatan penting yang membuat komputer dapat berfungsi. Secara umum, fungsi hardware dibagi menjadi tiga kategori komponen, yaitu input, output, dan storage. Ketiga komponen tersebut selalu berhubungan dengan microprocessor.
- Software atau perangkat lunak: program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Software merupakan satu set instruksi komponen yang digunakan untuk memanipulasi data, contohnya program aplikasi pengolah kata (word processing) atau permainan (video Game). Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu sistem operasi, bahasa pemograman, dan alat bantu.
- Brainware: manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Bagaimanapun juga canggihnya komputer, tanpa brainware komputer tersebut tak berarti apa-apa. Berdasarkan fungsinya, brainware dibagi menjadi empat tingkatan pengguna.
- Entri Data adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data yang pekerjaannya berulang-ulang, contohnya kasir pada pasar swalayan.
- Operator adalah pengguna komputer yang bertugas memasukkan data dan mengolahnya hingga menjadi informasi, contohnya operator bagian akuntansi.
- Programmer adalah pengguna komputer yang bertugas membuat program atau perangkat lunak aplikasi dengan bahasa pemograman tertentu, contohnya programmer perangkat lunak sistem akuntansi, sistem administrasisekolah, dan paket aplikasi sekolah.
- System Analyst adalah pengguna komputer yang bertugas merancang suatu program dan dapat bertindak sebagai konsultan pada rekayasa perangkat lunak, contohnya konsultan web.
STRUKTUR DAN FUNGSI KOMPUTER
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:
1. Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer
2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
3. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
4. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan.
5. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul yang ada di dalam sistem komputer. Karena pada saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel.
6. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.
7. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Control Bus terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.
8. Register
Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
9. Storage
Pengertian Storage adalah penyimpan, tempat penyimpanan, media yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah oleh komputer. Storage dibedakan menjadi removable storage dan non-removable storage.
Sifat Storage Dalam penyimpanan storage tidak lepas dari adanya listrik, maka sifat dari storage yang berkaitan dengan adanya listrik terbagi menjadi 2 macam, yaitu bersifat volatile dan bersifat non volatile:
1.Volatile adalah isi yang ada di dalam sstorage tetap ada meskipun lampu dimatikan.
2.Non-Volatile adalah isi yang ada di dalam storage akan hilang bila lampu dimatikan.
10. BUS
Bus merupakan lintasan komunikasi yang menghubungkan dua atau lebih perangkat komputer. Karakteristik penting sebuah bus adalah bahwa bus merupakan media transmisi yang dapat digunakan bersama. Sejumlah perangkat yang terhubung ke bus dan suatu sinyal yang ditransmisikan oleh salah satu perangkat ini dapat ditermia oleh salah satu perangkat yang terhubung ke bus. Bila dua buah perangkat melakukan transmisi dalam waktu yang bersamaan, maka sinyal-sinyalnya akan bertumpang tindih dan menjadi rusak. Dengan demikain, hanya sebuah perangkat saja yang akan berhasil melakukan transimi pada suatu saat tertentu.
Umumnya sebuah bus terdiri dari sejumlah lintasan komunikasi atau saluran. Masing-masing saluran dapat mentransmisikan sinyal yang menunjukkan biner 1 dan biner 0. Serangkaian digit biner dapat ditransmisikan melalui saluran tunggal. Dengan mengumpulkan beberapa saluran dari sebuah bus, dapat digunakan mentransmisikan digit biner secra bersamaan (paralel). Misalnya sebuah satuan data 8 bit dapat ditransmisikan melalui bus delapan saluran.
Sistem komputer terdiri dari sejumlah bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen pada bermacam-macam tingkatan hirarki sisterm komputer. Sebuah bus yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer (CPU, memori, input/output) disebut bus sistem. Struktur interkoneksi komputer yang umum didasarkan pada penggunaan satu bus sistem atau lebih.
Langganan:
Postingan (Atom)