PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN YANG ANDA ANGGAP BENAR
1) ……. Adalah panel untuk mengorganisasikan layer dan mengontrol jalannya animasi flash.
a) Menu Bar
b) Timeline
c) Library Panel
d) Stage
e) Property Inspector Panel
2) Panel untuk mengatur simbol yang akan digunakan untuk keperluan pembuatan animasi di sebut …..
a) Menu Bar
b) Timeline
c) Library Panel
d) Stage
e) Property Inspector Panel
3) Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah ….
a) 800 X 600 pixels
b) 600 X 800 pixels
c) 550 X 400 pixels
d) 400 X 550 pixels
e) 1280 X 800 pixels
4) Untuk menambah layer pada timeline layer adalah dengan mengklik gambar nomor …..
a) 1
b) 2
c) 3
d) 4
e) 5
5) Cara menambah frame adalah …..
a) Insert > Frame
b) Delete > Frame
c) Insert > Timeline Effects > Frame
d) Insert > Timeline > Frame
e) Insert > Frame > Frame
6) …….. adalah frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
a) Frame
b) Blank Keyframe
c) Convert to keyframes
d) Select all frames
e) Keyframe
7) Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
a) Control > Test Movie
b) Control > Movie
c) Control > Test
d) Control > Debug Movie
e) Control > Test Scane
8) Subselection tool digunakan untuk….
a) Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
b) Mengubah warna objek.
c) Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
d) Mengubah warna stage.
e) Membuka properties pada sebuhaobjek.
9) Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a) Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
b) Melakukan konversi objek.
c) Mengubah warna stage.
d) Mengubah bentuk objek.
e) Membuat tulisan (text tool)
10) Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a) F6
b) F9
c) F5
d) Enter
e) Ctrl + Shift + V
Soal Essay
Sebutkan fungsi dari masing-masing shortcut di bawah ini!
a. Y
b. B
c. S
d. K
e. I
Kunci Jawaban
1. A) Timeline
2. C) Library Panel
3. C) 550 X 400 pixels
4. A) 1
5. D) Insert > Timeline > Frame
6. E) Keyframe
7. A) Control > Test Movie
8. A) Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek
9. B) Melakukan konversi objek
10. E) Ctrl + Shift + V
Jawaban ESSAY:
a. Pencil tool.
b. Brush tool.
c. Ink bottle tool.
d. Paint bucket tool.
e. Eyedropper tool
PILIHAN GANDA
1. Subselection tool digunakan untuk….
a. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
b. Mengubah warna objek.
c. Mengubah jenis frame pada sebuah layer.
d. Mengubah warna stage.
e. Membuka properties pada sebuah objek.
Jawaban: a
2. Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
b. Melakukan konversi objek.
c. Mengubah warna stage.
d. Mengubah bentuk objek.
e. Membuat tulisan (text tool)
Jawaban: b
3. Salah satu software keluaran Macromedia (sekarang telah diakuisisi Adobe) yang digunakan untuk mengedit gambar berupa vektor adalah….
a. Acrobat.
b. Dreamweaver.
c. Photoshop.
d. Freehand.
e. 3dsMax.
Jawaban: d
ESSAY
4. Sebutkan 3 software yang merupakan software untuk mengedit gambar berformat bitmap!
Jawaban:
a. Adobe Photoshop.
b. ACD Foto Canvas.
c. Corel Photo-Paint,dsb.
5. Sebutkan fungsi dari masing-masing shortcut di bawah ini!
a. Y
b. B
c. S
d. K
e. I
Jawaban:
a. Pencil tool.
b. Brush tool.
c. Ink bottle tool.
d. Paint bucket tool.
e. Eyedropper tool.
1.) Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a. F6
b. F9
c. F5
d. Enter
e. Ctrl + Shift + V
Jawaban: e
2.) Free Transform tool digunakan untuk :
a. Memasukkan Text
b. Membuat obyek berbentuk persegi
c. Mengubah bentuk obyek
d. Memberi warna
e. Membuat Garis
Jawaban: c
3.) Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah:
a. File _ Import _ Import to library
b. File _ Import _ Ctrl + R
c. File _ Import _ Import Video
d. File _ Import _ Ctrl + Shift + O
Essai:
1.) Sebutkan perbedaan antara Gambar bertipe Bitmap dengan Vektor !
Vektor:
•Terdiri dari garis dan kurva
•Jika di Zoom tidak pecah
Bitmap:
•Terdiri dari titik/ruster/pixel
•Jika di zoom gambar akan
pecah
2.) Jelaskan cara membuat animasi motion tween!
•Buat obyek di frame 1 layer 1
•Seleksi obyek dan kemudian tekan F8 _ Movie Clip
•F6 di frame yang dikehendaki (misal frame 30)
•Pada frame tersebut ( frame 30), Pindahkan obyek ke tempat lain
•Kembali ke frame 1 layer 1 dan pilih Motion Tween
Soal !
1. Tombol Shortcut key ctrl+shift+V digunakan untuk……
a. Test Movie
b. Break a part
c. Paste
d. Paste in place
e. Cut
Jawaban : d
2. Sebuah gambar yang tersusun dari titik-titik warna dan raster(pixel) di sebut…..
a. Vektor
b. Vector
c. Bitmap
d. Bitvektor
e. Jpg
Jawaban : c
3. Objek(teks atau gambar) yang bergerak disebut…….
a. Animasi
b. Guide
c. Shape
d. Flash
e. Macromedia
(Jawaban : a)
4. Sebutkan 3 macam animasi dalam flash 1
Jawab:
1. Motion tween (gerak)
2. Motion shape (bentuk)
3. Motion path/guide(gerak)
5. Sebutkan dan berilah contoh 3 macam aplikasi desktop publishing !
Jawab :
1. Aplikasi pengolah foto/pixel Contoh : Adobe photoshop
2. Aplikasi pengolah vector Contoh :corel draw
3. Aplikasi Tata letak Contoh : Corel Ventura
1. Shortcut Ctrl+Shift+V digunakan untuk…
a. insert key frame
b. convert to symbol
c. break apart
d. paste in place
e. paste
jawaban : d
2. Membuat animasi berubah bentuk menggunakan…
a. motion tween
b. motion path
c. motion guide
d. motion shape
e. motion graphic
jawaban : d
3. Shortcut F8 digunakan untuk…
a. play
b. insert frame
c. insert key frame
d. convert to symbol
e. paste
jawaban : d
4. Sebutkan 3 motion yang terdapat di macromedia flash!
1. motion tween
2. motion shape
3. motion guide
5. Jelaskan apa itu animasi!
Animasi adalah objek (teks atau gambar) yang bergerak.
Pilihan ganda :
1. Tombol F6 adalah tombol untuk
a. insert keyframe
b. insert frame
c. create motion tween
d. insert layer
e. text tool
Jawaban a
2. Option untuk menampilkan text pada marcromedia flash adalah
a. pencil tool
b. eraser tool
c. line tool
d. brush tool
e. text tool
Jawaban e
3. Sebuah gambar yang tersusun oleh garis dan grafik adalah
a. bitmap
b. vector
c. jpg
d. layer
e. corel draw
Jawaban b
Essay :
1. Buatlah menggunakan macromedia flash runtutan membuat motion shape - buatlah objek lingkaran di frame 1
- insert keyframe di frame 777
- objek dipindahkan dari titik A
ketitik B
- di frame 777 objek dihapus diganti dengan tulisan
“LINGKARAN”
- break apart
- klik frame pada layer lalu pilih create motion tween
2. Buatlah menggunakan macromedia flash runtutan membuat motion tween - buatlah objek di frame 1
- F8 (convert to symbol) => movieclip
- Insert keyframe di frame 7777777
- Di frame 7777777 pindahkan objek dari titik A ke titik B
- Lalu klik layer klik motion tween 3
A. Pilihan Ganda
1. Hotkey untuk convert to symbol adalah…
a. Ctrl + C d. F8
b. F9 e. Ctrl + J
c. Ctrl + k
Jawaban: d. F8
2. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu menggunakan…
a. motion guide d. motion tween
b. motion shape e. guiding object
c. break apart
Jawaban: a. motion guide
3. Untuk memberi warna pada garis tepi menggunakan…
a. hand tool d. fill color
b. eyedropper tool e. paint bucket tool
c. stroke color
Jawaban: c. stroke color
B. Uraian
1. Sebutkan langkah-langkah mengontrol movie clip 2 buah objek berbentuk bola yang dari atas bergerak turun, kemudian kembali ke asal, kemudian turun, kembali ke asal, dan seterusnya!
Jawaban:
1. Buat 3 buah layer: background, bola dan tombol
2. Klik layer background, Insert Frame (F5) pada frame 40 atau klik kanan frame 40 kemudian Insert Frame (F5).
3. Klik kembali frame 1 layer background dan buat garis lurus mendatar pada stage.
Ubah menjadi Graphic dan beri nama garis pada Name.
4. Klik layer bola frame 1 dan buat bola dengan Oval Tool dan letakkan di bawah garis. Ubah bola menjadi Movie Clip dan beri nama bola pada Name.
5. Buat animasi Motion Tween dari frame 1 sampai frame 20 untuk bola bergerak turun dan dari frame 20 sampai dengan frame 40 untuk bola bergerak naik.
6. Klik layer tombol frame 1 dan ambil tombol dari Windows _ Common Libraries _ Buttons. Drag ke stage untuk rounded green play dan rounded green stop dari folder playback rounded.
7. Gunakan Free Transform Tool untuk mengubah ukuran tombol.
8. Insert Frame (F5) pada layer tombol frame 40, sehingga kedua tombol dapat ditampilkan sampai pada akhir animasi.
9. Klik kanan tombol play, pilih Actions (F9) dan tambahkan script sebagai berikut:
10. Anda dapat mengetikkan secara langsung atau menggunakan menu pilihan yang sudah ada
11. Klik kanan tombol stop, pilih Actions (F9) dan tambahkan script sebagai berikut:
12. Lakukan test movie (Ctrl+Enter) untuk melihat hasilnya.
2. Sebutkan langkah-langkah membuat objek balapan mobil di sebuah lintasan balap! (terdiri atas 2 buah mobil)!
Jawaban:
1. Buat 2 buah layer, layer mobil dan layer lintasan.
2. Pada layer lintasan, buat lintasan mobil. Insert frame pada frame yang diinginkan.
3. Pada layer mobil, buat objek mobil menggunakan rectangle tool dan convert object to symbol (F8), pilih
Movie Clip.
4. Klik kanan pada layer 1, pilih Add Motion Guide .
5. Buat jalur bebas menggunakan Pencil Tool di layer guide.
6. Gunakan Selection Tool, klik frame 30, dan insert keyframe di layer guide.
7. Pilih kembali layer mobil, frame 1, pindahkan objek ke pangkal jalur, posisikan objek dengan tepat, sehingga terlihat lingkaran kecil di tengah-tengah objek persegi.
8. Klik frame 30 pada layer mobil, lalu Insert Keyframe.
9. Pindahkan objek dari pangkal ke ujung sesuai jalur yang dibuat.
10. Klik kembali frame 1 pada layer mobil kemudian pilih Tween Motion.
11. Tekan Enter untuk Play animasi yang baru saja Anda buat.
1.Short cut Ctrl+B sama dengan . . . .
A. Insert keyframe
B. Play
C. Break Apart
D. Paste
E. Cut
Jawaban C
2. Membuat animasi bentuk mengubah menjadi teks menggunakan animasi . . .
A. Motion Tween
B. Motion Shape
C. Motion Guide
D. Motion Path
E. Corel
Jawaban B
3. Short cut F8 sama dengan . . .
A. Insert keyframe
B. Copy
C. Break apart
D. Convert to Symbol
E. Play
Jawaban D
4. Sebutkan 3 jenis motion di animasi!
Motion tween, motion shape, dan motion guide
5. Jelaskan cara menggunakan animasi motion tween!
a. Buat obyek di frame
b. F8 lalu pilih movie clip
c. Insert keyframe di frame 20
d. Pindahkan obyek
e. Klik frame 1 lalu create motion tween
Soal-soal Macromedia Flash
1. Apakah guna dari shortcut key ctrl+ shift +v?
a. Undo
b. Copy
c. Paste in place
d. Insert keyframe
e. Breakapart
Jawaban : C
2. Untuk melakukkan breakapart dilakukan…..
a. Crtrl B ( 2x )
b. Ctrl Z (2x)
c. Enter
d. F6
e. Ctrl C
Jawaban: A
3. Kegunaan dari motion tween adalah……
a. Mengatur gerak
b. Mengatur bentuk
c. Mengatur jalur
d. Mengatur tulisan
e. Mengatur background
Jawaban: A
ESSAY
1. Buatlah langkah-langkah untuk membuat motion tween!
Jawab: a. Buat objek di frame
b. F8 (convert to symbol) ,
Movie clip
c. Insert key frame(F6) di
frame 20
d. Pindahkan objek
e. Klik frame 1, Create motion
tween
f. Ctrl + enter
2. Buatlah langkah-langkah untuk membuat motion shape!
Jawab: a. Buat objek di frame
b. Insert keyframe di frame 20
c. Objek di pindahkan
d. Objek di hapus
e. Buat teks sesuai yang diinginkan
f. Break a part (ctrl+B 2x)
g. Klik frame 1 , Create motion
tween shape.
Pembuat soal :
A. Pilihan Ganda
1. Fungsi dari shortcut keys Ctrl + A ialah……
a. undo d. select all
b. copy e. test movie
c. paste
Jawaban : D
2. Susunan gambar pada aplikasi berbasis
vector berupa…..
a. garis dan kurva d. titik/raster/pixel
b. kotak-kotak e. kubus
c. bulat-bulat
Jawaban : A
3. Berikut ini penggunaan Corel Draw ialah…..
a. edit foto d. mambuat
gambar/tata letak layout
b. perbesar file e. menghapus /
uninstall file
c. mambuat animasi
Jawaban : D
B. Essai
1. Buatlah langkah-langkah membuat objek lingkaran bergerak dari titik A ke titik B !
Jawab : Langkah-langkahnya ialah :
a. Pada frame 1 layer 1, buatlah objek lingkaran menggunakan oval tool
b. Select objek tersebut, lalu klik F8 untuk convert symbol _ Movie clip
c. Klik frame 20 lalu insert keyframe ( F6 )
d. Pindahkan objek tadi di frame 1 (titik A) ke frame 20 (titik B)
e. Klik frame 1 lalu klik kanan mouse _pilih create motion tween
f. Tekan ctrl + enter untuk test movie. Nah, anda sudah berhasil menjalankan motion tween.
2. Buatlah langkah-langkah membuat objek kotak bergerak berubah menjadi tulisan KOTAK
dari titik A ke titik B !
Jawab : Langkah-langkahnya ialah :
a. Pada frame 1 layer 1, buatlah objek kotak menggunakan rectangle tool
b. Klik frame 20 kemudian tekan F6 ( insert keyframe )
c. Pindahkan objek tersebut pada frame 20
d. Lalu hapuskan objek tadi dengan delete
e. Buatlah teks “ KOTAK “
f. Lalu klik ctrl + B 2 kali (break a part)
g. Klik frame 1, lalu pilih shape pada properties di bawah stage
h. Tekan ctrl + enter untuk test movie. Nah, anda sudah berhasil menjalankan motion shape.
Pilihan Ganda
1. Shortcut key untuk test movie adalah…
a. Ctrl + Z
b. Ctrl + J
c. F8
d. F9
e. Ctrl + Enter
Jawab : e. Ctrl + Enter
2. Tombol Ctrl + B berfungsi untuk…
a. Break Apart
b. Convert to symbol
c. Insert Keyframe
d. Undo
e. Redo
Jawab : a. Break apart
3. Untuk memperbesar atau mngecilkan tampilan layar, dapat digunakan…
a. Subselection tool
b. Hand tool
c. Brush tool
d. Zoom tool
e. Fill color
Jawab : d. Zoom tool
Essai
1. Sebutkan langkah-langkah untuk membuat Motion Tween!
Jawab :
1. Buat objek di frame
2. Convert to symbol , pilih movie Clip
3. Insert keyframe di frame yang ditentukan
4. Pindahkan objek
5. Klik frame 1, create motion tween
2. Sebutkan langkah-langkah membuat otion Shape!
Jawab :
1. buat objek.
2. Insert keyframe di frame yang ditentukan
3. Pindahkan objek
4. Hapus objek
5. Buat objek dengan bentuk lain.
6. Klik frame 1, create motion shape Valent x6 31
1) ……. Adalah panel untuk mengorganisasikan layer dan mengontrol jalannya animasi flash.
a) Menu Bar
b) Timeline
c) Library Panel
d) Stage
e) Property Inspector Panel
2) Panel untuk mengatur simbol yang akan digunakan untuk keperluan pembuatan animasi di sebut …..
a) Menu Bar
b) Timeline
c) Library Panel
d) Stage
e) Property Inspector Panel
3) Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah ….
a) 800 X 600 pixels
b) 600 X 800 pixels
c) 550 X 400 pixels
d) 400 X 550 pixels
e) 1280 X 800 pixels
4) Untuk menambah layer pada timeline layer adalah dengan mengklik gambar nomor …..
a) 1
b) 2
c) 3
d) 4
e) 5
5) Cara menambah frame adalah …..
a) Insert > Frame
b) Delete > Frame
c) Insert > Timeline Effects > Frame
d) Insert > Timeline > Frame
e) Insert > Frame > Frame
6) …….. adalah frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
a) Frame
b) Blank Keyframe
c) Convert to keyframes
d) Select all frames
e) Keyframe
7) Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah dengan mengklik
a) Control > Test Movie
b) Control > Movie
c) Control > Test
d) Control > Debug Movie
e) Control > Test Scane
8) Subselection tool digunakan untuk….
a) Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
b) Mengubah warna objek.
c) Mengubah jenis frame pada sebuahlayer.
d) Mengubah warna stage.
e) Membuka properties pada sebuhaobjek.
9) Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a) Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
b) Melakukan konversi objek.
c) Mengubah warna stage.
d) Mengubah bentuk objek.
e) Membuat tulisan (text tool)
10) Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a) F6
b) F9
c) F5
d) Enter
e) Ctrl + Shift + V
Soal Essay
Sebutkan fungsi dari masing-masing shortcut di bawah ini!
a. Y
b. B
c. S
d. K
e. I
Kunci Jawaban
1. A) Timeline
2. C) Library Panel
3. C) 550 X 400 pixels
4. A) 1
5. D) Insert > Timeline > Frame
6. E) Keyframe
7. A) Control > Test Movie
8. A) Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek
9. B) Melakukan konversi objek
10. E) Ctrl + Shift + V
Jawaban ESSAY:
a. Pencil tool.
b. Brush tool.
c. Ink bottle tool.
d. Paint bucket tool.
e. Eyedropper tool
PILIHAN GANDA
1. Subselection tool digunakan untuk….
a. Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
b. Mengubah warna objek.
c. Mengubah jenis frame pada sebuah layer.
d. Mengubah warna stage.
e. Membuka properties pada sebuah objek.
Jawaban: a
2. Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
a. Melakukan perintah paste pada objek yang telah dikopi.
b. Melakukan konversi objek.
c. Mengubah warna stage.
d. Mengubah bentuk objek.
e. Membuat tulisan (text tool)
Jawaban: b
3. Salah satu software keluaran Macromedia (sekarang telah diakuisisi Adobe) yang digunakan untuk mengedit gambar berupa vektor adalah….
a. Acrobat.
b. Dreamweaver.
c. Photoshop.
d. Freehand.
e. 3dsMax.
Jawaban: d
ESSAY
4. Sebutkan 3 software yang merupakan software untuk mengedit gambar berformat bitmap!
Jawaban:
a. Adobe Photoshop.
b. ACD Foto Canvas.
c. Corel Photo-Paint,dsb.
5. Sebutkan fungsi dari masing-masing shortcut di bawah ini!
a. Y
b. B
c. S
d. K
e. I
Jawaban:
a. Pencil tool.
b. Brush tool.
c. Ink bottle tool.
d. Paint bucket tool.
e. Eyedropper tool.
1.) Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
a. F6
b. F9
c. F5
d. Enter
e. Ctrl + Shift + V
Jawaban: e
2.) Free Transform tool digunakan untuk :
a. Memasukkan Text
b. Membuat obyek berbentuk persegi
c. Mengubah bentuk obyek
d. Memberi warna
e. Membuat Garis
Jawaban: c
3.) Kita dapat memasukkan sebuah gambar ke dalam stage dengan menggunakan perintah:
a. File _ Import _ Import to library
b. File _ Import _ Ctrl + R
c. File _ Import _ Import Video
d. File _ Import _ Ctrl + Shift + O
Essai:
1.) Sebutkan perbedaan antara Gambar bertipe Bitmap dengan Vektor !
Vektor:
•Terdiri dari garis dan kurva
•Jika di Zoom tidak pecah
Bitmap:
•Terdiri dari titik/ruster/pixel
•Jika di zoom gambar akan
pecah
2.) Jelaskan cara membuat animasi motion tween!
•Buat obyek di frame 1 layer 1
•Seleksi obyek dan kemudian tekan F8 _ Movie Clip
•F6 di frame yang dikehendaki (misal frame 30)
•Pada frame tersebut ( frame 30), Pindahkan obyek ke tempat lain
•Kembali ke frame 1 layer 1 dan pilih Motion Tween
Soal !
1. Tombol Shortcut key ctrl+shift+V digunakan untuk……
a. Test Movie
b. Break a part
c. Paste
d. Paste in place
e. Cut
Jawaban : d
2. Sebuah gambar yang tersusun dari titik-titik warna dan raster(pixel) di sebut…..
a. Vektor
b. Vector
c. Bitmap
d. Bitvektor
e. Jpg
Jawaban : c
3. Objek(teks atau gambar) yang bergerak disebut…….
a. Animasi
b. Guide
c. Shape
d. Flash
e. Macromedia
(Jawaban : a)
4. Sebutkan 3 macam animasi dalam flash 1
Jawab:
1. Motion tween (gerak)
2. Motion shape (bentuk)
3. Motion path/guide(gerak)
5. Sebutkan dan berilah contoh 3 macam aplikasi desktop publishing !
Jawab :
1. Aplikasi pengolah foto/pixel Contoh : Adobe photoshop
2. Aplikasi pengolah vector Contoh :corel draw
3. Aplikasi Tata letak Contoh : Corel Ventura
1. Shortcut Ctrl+Shift+V digunakan untuk…
a. insert key frame
b. convert to symbol
c. break apart
d. paste in place
e. paste
jawaban : d
2. Membuat animasi berubah bentuk menggunakan…
a. motion tween
b. motion path
c. motion guide
d. motion shape
e. motion graphic
jawaban : d
3. Shortcut F8 digunakan untuk…
a. play
b. insert frame
c. insert key frame
d. convert to symbol
e. paste
jawaban : d
4. Sebutkan 3 motion yang terdapat di macromedia flash!
1. motion tween
2. motion shape
3. motion guide
5. Jelaskan apa itu animasi!
Animasi adalah objek (teks atau gambar) yang bergerak.
Pilihan ganda :
1. Tombol F6 adalah tombol untuk
a. insert keyframe
b. insert frame
c. create motion tween
d. insert layer
e. text tool
Jawaban a
2. Option untuk menampilkan text pada marcromedia flash adalah
a. pencil tool
b. eraser tool
c. line tool
d. brush tool
e. text tool
Jawaban e
3. Sebuah gambar yang tersusun oleh garis dan grafik adalah
a. bitmap
b. vector
c. jpg
d. layer
e. corel draw
Jawaban b
Essay :
1. Buatlah menggunakan macromedia flash runtutan membuat motion shape - buatlah objek lingkaran di frame 1
- insert keyframe di frame 777
- objek dipindahkan dari titik A
ketitik B
- di frame 777 objek dihapus diganti dengan tulisan
“LINGKARAN”
- break apart
- klik frame pada layer lalu pilih create motion tween
2. Buatlah menggunakan macromedia flash runtutan membuat motion tween - buatlah objek di frame 1
- F8 (convert to symbol) => movieclip
- Insert keyframe di frame 7777777
- Di frame 7777777 pindahkan objek dari titik A ke titik B
- Lalu klik layer klik motion tween 3
A. Pilihan Ganda
1. Hotkey untuk convert to symbol adalah…
a. Ctrl + C d. F8
b. F9 e. Ctrl + J
c. Ctrl + k
Jawaban: d. F8
2. Untuk menggerakkan objek sesuai jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis yang memandu menggunakan…
a. motion guide d. motion tween
b. motion shape e. guiding object
c. break apart
Jawaban: a. motion guide
3. Untuk memberi warna pada garis tepi menggunakan…
a. hand tool d. fill color
b. eyedropper tool e. paint bucket tool
c. stroke color
Jawaban: c. stroke color
B. Uraian
1. Sebutkan langkah-langkah mengontrol movie clip 2 buah objek berbentuk bola yang dari atas bergerak turun, kemudian kembali ke asal, kemudian turun, kembali ke asal, dan seterusnya!
Jawaban:
1. Buat 3 buah layer: background, bola dan tombol
2. Klik layer background, Insert Frame (F5) pada frame 40 atau klik kanan frame 40 kemudian Insert Frame (F5).
3. Klik kembali frame 1 layer background dan buat garis lurus mendatar pada stage.
Ubah menjadi Graphic dan beri nama garis pada Name.
4. Klik layer bola frame 1 dan buat bola dengan Oval Tool dan letakkan di bawah garis. Ubah bola menjadi Movie Clip dan beri nama bola pada Name.
5. Buat animasi Motion Tween dari frame 1 sampai frame 20 untuk bola bergerak turun dan dari frame 20 sampai dengan frame 40 untuk bola bergerak naik.
6. Klik layer tombol frame 1 dan ambil tombol dari Windows _ Common Libraries _ Buttons. Drag ke stage untuk rounded green play dan rounded green stop dari folder playback rounded.
7. Gunakan Free Transform Tool untuk mengubah ukuran tombol.
8. Insert Frame (F5) pada layer tombol frame 40, sehingga kedua tombol dapat ditampilkan sampai pada akhir animasi.
9. Klik kanan tombol play, pilih Actions (F9) dan tambahkan script sebagai berikut:
10. Anda dapat mengetikkan secara langsung atau menggunakan menu pilihan yang sudah ada
11. Klik kanan tombol stop, pilih Actions (F9) dan tambahkan script sebagai berikut:
12. Lakukan test movie (Ctrl+Enter) untuk melihat hasilnya.
2. Sebutkan langkah-langkah membuat objek balapan mobil di sebuah lintasan balap! (terdiri atas 2 buah mobil)!
Jawaban:
1. Buat 2 buah layer, layer mobil dan layer lintasan.
2. Pada layer lintasan, buat lintasan mobil. Insert frame pada frame yang diinginkan.
3. Pada layer mobil, buat objek mobil menggunakan rectangle tool dan convert object to symbol (F8), pilih
Movie Clip.
4. Klik kanan pada layer 1, pilih Add Motion Guide .
5. Buat jalur bebas menggunakan Pencil Tool di layer guide.
6. Gunakan Selection Tool, klik frame 30, dan insert keyframe di layer guide.
7. Pilih kembali layer mobil, frame 1, pindahkan objek ke pangkal jalur, posisikan objek dengan tepat, sehingga terlihat lingkaran kecil di tengah-tengah objek persegi.
8. Klik frame 30 pada layer mobil, lalu Insert Keyframe.
9. Pindahkan objek dari pangkal ke ujung sesuai jalur yang dibuat.
10. Klik kembali frame 1 pada layer mobil kemudian pilih Tween Motion.
11. Tekan Enter untuk Play animasi yang baru saja Anda buat.
1.Short cut Ctrl+B sama dengan . . . .
A. Insert keyframe
B. Play
C. Break Apart
D. Paste
E. Cut
Jawaban C
2. Membuat animasi bentuk mengubah menjadi teks menggunakan animasi . . .
A. Motion Tween
B. Motion Shape
C. Motion Guide
D. Motion Path
E. Corel
Jawaban B
3. Short cut F8 sama dengan . . .
A. Insert keyframe
B. Copy
C. Break apart
D. Convert to Symbol
E. Play
Jawaban D
4. Sebutkan 3 jenis motion di animasi!
Motion tween, motion shape, dan motion guide
5. Jelaskan cara menggunakan animasi motion tween!
a. Buat obyek di frame
b. F8 lalu pilih movie clip
c. Insert keyframe di frame 20
d. Pindahkan obyek
e. Klik frame 1 lalu create motion tween
Soal-soal Macromedia Flash
1. Apakah guna dari shortcut key ctrl+ shift +v?
a. Undo
b. Copy
c. Paste in place
d. Insert keyframe
e. Breakapart
Jawaban : C
2. Untuk melakukkan breakapart dilakukan…..
a. Crtrl B ( 2x )
b. Ctrl Z (2x)
c. Enter
d. F6
e. Ctrl C
Jawaban: A
3. Kegunaan dari motion tween adalah……
a. Mengatur gerak
b. Mengatur bentuk
c. Mengatur jalur
d. Mengatur tulisan
e. Mengatur background
Jawaban: A
ESSAY
1. Buatlah langkah-langkah untuk membuat motion tween!
Jawab: a. Buat objek di frame
b. F8 (convert to symbol) ,
Movie clip
c. Insert key frame(F6) di
frame 20
d. Pindahkan objek
e. Klik frame 1, Create motion
tween
f. Ctrl + enter
2. Buatlah langkah-langkah untuk membuat motion shape!
Jawab: a. Buat objek di frame
b. Insert keyframe di frame 20
c. Objek di pindahkan
d. Objek di hapus
e. Buat teks sesuai yang diinginkan
f. Break a part (ctrl+B 2x)
g. Klik frame 1 , Create motion
tween shape.
Pembuat soal :
A. Pilihan Ganda
1. Fungsi dari shortcut keys Ctrl + A ialah……
a. undo d. select all
b. copy e. test movie
c. paste
Jawaban : D
2. Susunan gambar pada aplikasi berbasis
vector berupa…..
a. garis dan kurva d. titik/raster/pixel
b. kotak-kotak e. kubus
c. bulat-bulat
Jawaban : A
3. Berikut ini penggunaan Corel Draw ialah…..
a. edit foto d. mambuat
gambar/tata letak layout
b. perbesar file e. menghapus /
uninstall file
c. mambuat animasi
Jawaban : D
B. Essai
1. Buatlah langkah-langkah membuat objek lingkaran bergerak dari titik A ke titik B !
Jawab : Langkah-langkahnya ialah :
a. Pada frame 1 layer 1, buatlah objek lingkaran menggunakan oval tool
b. Select objek tersebut, lalu klik F8 untuk convert symbol _ Movie clip
c. Klik frame 20 lalu insert keyframe ( F6 )
d. Pindahkan objek tadi di frame 1 (titik A) ke frame 20 (titik B)
e. Klik frame 1 lalu klik kanan mouse _pilih create motion tween
f. Tekan ctrl + enter untuk test movie. Nah, anda sudah berhasil menjalankan motion tween.
2. Buatlah langkah-langkah membuat objek kotak bergerak berubah menjadi tulisan KOTAK
dari titik A ke titik B !
Jawab : Langkah-langkahnya ialah :
a. Pada frame 1 layer 1, buatlah objek kotak menggunakan rectangle tool
b. Klik frame 20 kemudian tekan F6 ( insert keyframe )
c. Pindahkan objek tersebut pada frame 20
d. Lalu hapuskan objek tadi dengan delete
e. Buatlah teks “ KOTAK “
f. Lalu klik ctrl + B 2 kali (break a part)
g. Klik frame 1, lalu pilih shape pada properties di bawah stage
h. Tekan ctrl + enter untuk test movie. Nah, anda sudah berhasil menjalankan motion shape.
Pilihan Ganda
1. Shortcut key untuk test movie adalah…
a. Ctrl + Z
b. Ctrl + J
c. F8
d. F9
e. Ctrl + Enter
Jawab : e. Ctrl + Enter
2. Tombol Ctrl + B berfungsi untuk…
a. Break Apart
b. Convert to symbol
c. Insert Keyframe
d. Undo
e. Redo
Jawab : a. Break apart
3. Untuk memperbesar atau mngecilkan tampilan layar, dapat digunakan…
a. Subselection tool
b. Hand tool
c. Brush tool
d. Zoom tool
e. Fill color
Jawab : d. Zoom tool
Essai
1. Sebutkan langkah-langkah untuk membuat Motion Tween!
Jawab :
1. Buat objek di frame
2. Convert to symbol , pilih movie Clip
3. Insert keyframe di frame yang ditentukan
4. Pindahkan objek
5. Klik frame 1, create motion tween
2. Sebutkan langkah-langkah membuat otion Shape!
Jawab :
1. buat objek.
2. Insert keyframe di frame yang ditentukan
3. Pindahkan objek
4. Hapus objek
5. Buat objek dengan bentuk lain.
6. Klik frame 1, create motion shape Valent x6 31
Tidak ada komentar:
Posting Komentar