UJIAN SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
KISI-KISI SOAL TEORI KEJURUAN
|
Satuan Pendidikan
|
:
|
Sekolah Menengah Kejuruan
|
|
Kompetensi Keahlian
|
:
|
Multimedia
|
|
Kode
|
:
|
2089
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
120 menit
|
|
|
|
|
No.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
Kemampuan yang Diuji
|
|
|
|
|
1
|
Merakit Personal
Komputer
|
|
Mendeskripsikan
instalasi komponen PC
|
2
|
Melakukan Instalasi
Sistem Operasi
|
Melaksanakan instalasi software
sesuai
|
|
|
Dasar
|
|
Installation Manual
|
|
|
|
Menjelaskan langkah
instalasi system
|
|
|
|
operasi
|
3
|
Menerapkan Keselamatan
Kerja dan
|
Melaksanakan prosedur K3
|
|
|
Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|
|
4
|
Memahami etimologi
multimedia
|
|
Menjelaskan multimedia content
|
|
|
|
production
|
|
|
|
Menjelaskan multimedia communication
|
5
|
Memahami Alir Proses
Produksi
|
|
Menjelaskan proses pre
production
|
|
Produk Multimedia
|
|
multimedia
|
|
|
|
Menjelaskan proses production
|
|
|
|
multimedia
|
|
|
|
Menjelaskan proses post production
|
|
|
|
multimedia
|
6
|
Merawat peralatan
multimedia
|
|
Menjelaskan
langkah-langkah perawatan
|
|
|
|
peralatan multimedia
|
|
|
|
Melakukan perawatan peralatan
|
|
|
|
multimedia
|
7
|
Mengelola isi halaman web
|
|
Menjelaskan cara
pengeditan informasi
|
|
|
|
sesuai kebutuhan
|
|
|
|
Menguji dan memastikan perubahan
|
|
|
|
perubahan
|
8
|
Menerapkan teknik
pengambilan
|
|
Menjelaskan prosedur
pengoperasian
|
|
gambar produksi
|
|
kamera video
|
|
|
|
Menjelaskan pengoprasian kamera
|
9
|
Menerapkan
prinsip-prinsip seni
|
|
Menjelaskan kaidah
estetika dan etika seni
|
|
grafis dalam desain komunikasi
|
|
grafis (nirmana)
|
|
visual untuk multimedia
|
|
Menerapkan gambar
ilustrasi
|
10
|
Menguasai cara
menggambar kunci
|
Menjelaskan syarat
animasi
|
|
|
untuk animasi
|
|
Menerapkan gambar kunci
|
11
|
Menguasai cara
menggambar clean-
|
Mendeskripsikan gambar
yang asli
|
|
|
up dan sisip
|
|
Mendeskripsikan gambar
tiga dimensi
|
|
|
|
Menerapkan gambar tiga
dimensi
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Kemampuan yang Diuji
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Menguasai dasar animasi stop-motion
|
Mendeskripsikan
syarat-syarat animasi
|
|
|
(bidang datar)
|
Menerapkan model warna
dan tempat
|
|
|
|
warna
|
|
13
|
Menggabungkan teks
kedalam sajian
|
Menggunakan software
teks multimedia
|
|
|
multimedia
|
|
|
|
Menjelaskan cara
mendesain teks
|
|
|
|
|
multimedia
|
|
14
|
Menggabungkan gambar 2D
kedalam
|
Menjelaskan cara
Menggunakan software
|
|
|
sajian multimedia
|
grafik multimedia 2D
|
|
|
|
Menjelaskan cara Menciptakan
design
|
|
|
|
grafik Multimedia 2D
|
|
|
|
|
|
|
|
Menampilkan karya seni
digital 2D
|
|
15
|
Menggabungkan fotografi
digital
|
Menjelaskan cara
Menggabungkan foto
|
|
|
kedalam sajian
multimedia
|
digital ke dalam
rangkaian multimedia
|
|
|
|
Menjelaskan cara Menciptakan
susunan
|
|
|
|
karya seni foto digital dan grafik 2D
|
|
|
|
|
|
16
|
Menggabungkan audio ke
dalam
|
Menerapkan software
audio digital
|
|
|
sajian multimedia
|
|
|
17
|
Membuat story board
aplikasi
|
Merencanakan alur isi story
board
|
|
|
multimedia
|
Medeskripsikan proses
|
|
|
|
pelaksanaan dalam story board
|
|
|
|
|
|
18
|
Memahami cara penggunaan
|
Menjelaskan dasar tata
cahaya
|
|
|
peralatan tata cahaya
|
Menjelaskan efek cahaya
|
|
|
|
|
|
19
|
Menerapkan efek khusus
pada objek
|
Mengidentifikasikan
materi penunjang
|
|
|
produksi
|
efek khusus
|
|
|
|
Menerapkan efek khusus
pada obyek
|
|
20
|
Menyusun proposal
penawaran
|
Menganalisa
syarat-syarat proyek
|
|
|
|
Merancang biaya-biaya
dan sumber-
|
|
|
|
sumber yang ada
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar