1
|
CorelDRAW adalah…..
|
|
|
A
|
Aplikasi Editor grafik vector
|
|
B
|
Aplikasi Browser Internet
|
|
C
|
Aplikasi Membuat animasi Flash
|
|
D
|
Aplikasi Berhitung
|
|
E
|
Aplikasi Membuat Program
|
2
|
Tombol pada keyboard untuk membuat grafik baru pada
corelDRAW adalah...
|
|
|
A
|
Ctrl+O
|
|
B
|
Ctrl+N
|
|
C
|
Ctrl+X
|
|
D
|
Ctrl+Z
|
|
E
|
Ctrl+R
|
3
|
Bagaimana cara mengexport gambar corelDRAW ?
|
|
|
A
|
File
? Impo
|
|
B
|
File
? Save
|
|
C
|
File ? Export
|
|
D
|
File ? Print
|
|
E
|
File
? Exit
|
4
|
Rectangle Tool berfungsi untuk...
|
|
|
A
|
Membuat
garis lurus
|
|
B
|
Membuat persegi atau persegi panjang
|
|
C
|
Membuat
lingkaran atau Elips
|
|
D
|
Membuat
segitiga atau segibanyak
|
|
E
|
Membuat
gambar spiral
|
5
|
Sementara Elipse Tool berfungsi untuk...
|
|
|
A
|
Membuat persegi atau persegi panjang
|
|
B
|
Membuat
segitiga atau segibanyak
|
|
C
|
Membuat
gambar spiral
|
|
D
|
Membuat lingkaran atau elips
|
|
E
|
Membuat
gambar 3D
|
6
|
Tombol
pada keyboard untuk mengexport gambar adalah menekan...
|
|
|
A
|
Ctrl+E
|
|
B
|
Ctrl+Z
|
|
C
|
Ctrl+R
|
|
D
|
Ctrl+N
|
|
E
|
F5
|
7
|
Alat yang digunakan untuk membentuk berbagai objek
garis artistic adalah…..
|
|
|
A
|
Artistic media tool
|
|
B
|
Shape Tool
|
|
C
|
Pen Tool
|
|
D
|
Zoom Tool
|
|
E
|
Crop Tool
|
8
|
Dimension
Tool adalah alat untuk...
|
|
|
A
|
Membuat garis artistic
|
|
B
|
Membuat kurva
|
|
C
|
Membuat Tabel
|
|
D
|
Membentuk garis dimensi
vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya
|
|
E
|
Membuat garis tak beraturan
|
9
|
Alat
yang digunakan untuk menarik, memindahkan objek adalah...
|
|
|
A
|
Pick Tool
|
|
B
|
Shape Tool
|
|
C
|
Envelope Tool
|
|
D
|
Berzier Tool
|
|
E
|
Eraser Tool
|
10
|
Ctrl+Z adalah shortcut pada keyboard untuk...
|
|
|
A
|
Save grafik CorelDRAW
|
|
B
|
Membuka lembar baru
|
|
C
|
Mengulangi langkah
sebelumnya
|
|
D
|
Membuat text
|
|
E
|
Membuat gambar 3D
|
11
|
Sementara
Ctrl+D adalah shortcut pada keyboard untuk...
|
|
|
A
|
Mengcopy gambar
|
|
B
|
Menduplikat gambar
|
|
C
|
Memotong gambar
|
|
D
|
Menyatukan gambar
|
|
E
|
Memisahkan gambar
|
12
|
Table
tool digunakan untuk…..
|
|
|
A
|
Membuat Segitiga
|
|
B
|
Membuat Lingkaran
|
|
C
|
Mewarnai Grafis
|
|
D
|
Membuat Tabel
|
|
E
|
Membuat garis lurus
|
13
|
Polygon
Tool digunakan untuk…..
|
|
|
A
|
Membuat Lingkaran
|
|
B
|
Mewarnai Grafik
|
|
C
|
Membuat Segi banyak
|
|
D
|
Membuat Persegi
|
|
E
|
Membuat Tabel
|
14
|
Freehand
tool adalah....
|
|
|
A
|
Alat yang digunakan untuk membentuk beragam garis
lurus dan garis yang tidak beraturan secara bersamaan
|
|
B
|
Alat yang digunakan untuk membentuk berbagai objek
garis artistik
|
|
C
|
Alat yang pemakaian pen tool hampir serupa dengan
pemakaian bezier tool
|
|
D
|
Alat yang pemakaian polyline tool
|
|
E
|
Alat yang digunakan untuk
membentuk beragam garis lurus atau garis yang tidak beraturan
|
15
|
F8
adalah shortcut pada keyboard untuk memunculkan ...
|
|
|
A
|
Berzier Tool
|
|
B
|
Shape Tool
|
|
C
|
Freehand Tool
|
|
D
|
Text Tool
|
|
E
|
Artistic Media Tool
|
16
|
Berikul
ini adalah menu yang terdapat di aplikasi corel draw, kecuali...
|
|
|
A
|
File
|
|
B
|
View
|
|
C
|
Window
|
|
D
|
Table
|
|
E
|
Mailing
|
17
|
Untuk mengubah huruf text pada corelDRAW adalah
menggunakan...
|
|
|
A
|
Font
|
|
B
|
Size
|
|
C
|
Zoom
|
|
D
|
Copy
|
|
E
|
Underline
|
18
|
Untuk membuat background bisa dipilih dari menu...
|
|
|
A
|
File
|
|
B
|
Layout
|
|
C
|
Page
Setup
|
|
D
|
View
|
|
E
|
Arrange
|
19
|
Alat yang digunakan untuk membentuk garis dimensi
vertikal, horizontal, diagonal, dan sebagainya adalah…..
|
|
|
A
|
Eyedropper Tool
|
|
B
|
Dimension tool
|
|
C
|
Table Tool
|
|
D
|
Basic shapes
|
|
E
|
Text Tool
|
20
|
Contour digunakan untuk…..
|
|
|
A
|
Membentuk sudut dari suatu objek gambar/teks
|
|
B
|
Membuat efek bayangan dari objek gambar/teks
|
|
C
|
Menimbulkan efek 3D dari
suatu objek gambar/teks dengan cara mengubah warna sisinya
|
|
D
|
Menghilangkan efek 3D dari objek gambar
|
|
E
|
Membentuk garis 3D
|
21
|
Setelah menggabungkan kedua objek, objek pertama
tidak hilang tapi masih tetap ada, operasi ini menggunakan perintah ….
|
|
|
A
|
Target Object
|
|
B
|
Weld To
|
|
C
|
Trim To
|
|
D
|
Source Object
|
|
E
|
Search
Object
|
22
|
Untuk
mengubah sebuah huruf menjadi objek, Cara yang harus Anda lakukan adalah….
|
|
|
A
|
memilih Menu File > Open
|
|
B
|
memilih Menu Text > Fit Tex to Path
|
|
C
|
memilih Menu Arrange > Convert to Curve
|
|
D
|
memilih Menu Arrange > Shape Tool
|
|
E
|
memilih
Menu File > Edit
|
23
|
Memasukkan
sebuah foto ke dalam sebuah objek adalah hasil operasi dari ….
|
|
|
A
|
Effects
> Place Inside Container
|
|
B
|
File
> Export
|
|
C
|
Effects
> Power Clip
|
|
D
|
d.
File > Import
|
|
E
|
File
> effect
|
24
|
Cara
memunculkan garis grid pada tampilan layar kerja CorelDRAW
adalah ….
|
|
|
A
|
menu File > Grid
|
|
B
|
menu View > Grid
|
|
C
|
menu Text > Fit Text to Path
|
|
D
|
menu Arrange > Convert
to Curve
|
|
E
|
menu File > Line > Grid
|
25
|
Menempatkan
sebuah objek di belakang objek lainnya dapat dilakukan dengan menggunakan
perintah ….
|
|
|
A
|
To
Back of Page
|
|
B
|
In
Front Of
|
|
C
|
Behind
|
|
D
|
Back
All
|
|
E
|
Opposite
|
26
|
Panel untuk mengorganisasikan layer
dan mengontrol jalannya animasi flash adalah ….
|
|
|
A
|
Menu Bar
|
|
B
|
Timeline
|
|
C
|
Library Panel
|
|
D
|
Stage
|
|
E
|
Property Inspector Panel
|
27
|
Panel untuk mengatur simbol yang akan digunakan untuk keperluan pembuatan
animasi di sebut …..
|
|
|
A
|
Menu Bar
|
|
B
|
Timeline
|
|
C
|
Library Panel
|
|
D
|
Stage
|
|
E
|
Property Inspector Panel
|
28
|
Pada Micromedia Flash 8, kondisi default ukuran stage adalah ….
|
|
|
A
|
800 X 600 pixels
|
|
B
|
600 X 800 pixels
|
|
C
|
550 X 400 pixels
|
|
D
|
400 X 550 pixels
|
|
E
|
1280 X 800 pixels
|
29
|
||
|
A
|
1
|
|
B
|
2
|
|
C
|
3
|
|
D
|
4
|
|
E
|
5
|
30
|
Cara menambah frame adalah …..
|
|
|
A
|
Insert > Frame
|
|
B
|
Delete > Frame
|
|
C
|
Insert > Timeline Effects > Frame
|
|
D
|
Insert > Timeline Effects > Frame
|
|
E
|
Insert > Frame > Frame
|
31
|
Frame induk yang berisi objek atau animasi symbol yang dibuat pada area stage.
|
|
|
A
|
Frame
|
|
B
|
Blank Keyframe
|
|
C
|
Convert to keyframes
|
|
D
|
Select all frames
|
|
E
|
Keyframe
|
32
|
Untuk memainkan atau melihat hasil animasi yang telah dibuat adalah
dengan mengklik
|
|
|
A
|
Control > Test Movie
|
|
B
|
Control > Movie
|
|
C
|
Control > Test
|
|
D
|
Control > Debug Movie
|
|
E
|
Control > Test Scane
|
33
|
Subselection tool digunakan untuk….
|
|
|
A
|
Mengubah bentuk melalui titik-titik pada pinggiran objek.
|
|
B
|
Mengubah warna objek.
|
|
C
|
Mengubah jenis frame pada sebuah layer.
|
|
D
|
Mengubah warna stage.
|
|
E
|
Membuka properties pada sebuah objek.
|
34
|
Shortcut Ctrl+B merupakan shortcut yang kita gunakan untuk….
|
|
|
A
|
Melakukan perintah paste pada objek yang
telah di copy.
|
|
B
|
Melakukan konversi objek
|
|
C
|
Mengubah warna stage
|
|
D
|
Mengubah bentuk objek.
|
|
E
|
Membuat tulisan (text tool)
|
35
|
Shortcut yang digunakan untuk command Paste in Place adalah:
|
|
|
A
|
F6
|
|
B
|
F9
|
|
C
|
F5
|
|
D
|
Enter
|
|
E
|
Ctrl + Shift + V
|
36
|
Format gambar berjenis vektor
adalah .....
|
|
|
A
|
PNG
|
|
B
|
JPG
|
|
C
|
JPEG
|
|
D
|
BMP
|
|
E
|
PSD
|
37
|
Gambar Raster adalah .....
|
|
|
A
|
Gambar hasil desain grafis yang telah di
Flatten sehingga menjadi 1 layer saja
|
|
B
|
Gambar digital yang telah dikompressi
|
|
C
|
Gambar yang mempunyai ukuran file kecil
|
|
D
|
Gambar yang terbentuk dari garis, kurva dan
bidang
|
|
E
|
Gambar yang terbentuk dari
sekumpulan titik penyusun gambar atau pixel
|
38
|
Gambar digital yang terbentuk dari garis, kurva, dan
bidang, yang masing-masing merupakan suatu formulasi matematik, disebut juga
dengan .....
|
|
|
A
|
Raster
|
|
B
|
Vektor
|
|
C
|
Bitmap
|
|
D
|
True Type
|
|
E
|
Kompress
|
39
|
Hal yang perlu diperhatikan ketika akan mentransfer suatu gambar digital
dari suatu format tertentu ke format lainnya agar kualitas hasilnya tidak
menurun drastis adalah ......
|
|
|
A
|
Jenis komputer yang digunakan
|
|
B
|
Kemampuan software dalam mengganti format
gambar digital
|
|
C
|
Kontras tidaknya gambar digital
|
|
D
|
Besar tidaknya ukuran file gambar digital
|
|
E
|
Operating system yang digunakan
|
40
|
Software yang
digunakan untuk membuat gambar berjenis vektor adalah .....
|
|
|
A
|
Adobe Photosop
|
|
B
|
Adobe Dreamweaver
|
|
C
|
Adobe Indesign
|
|
D
|
Adobe Flash
|
|
E
|
Adobe Acrobat
|
41
|
Untuk mengubah suatu grafik vektor menjadi
gambar bitmap pada software CorelDraw dilakukan dengan langkah?
|
|
|
A
|
Pilih Grafik Vektor, lalu klik menu “Convert to Bitmap”.
|
|
B
|
Pilih Grafik Vektor, lalu klik menu “Convert - Convert
to Bitmap”.
|
|
C
|
Pilih Grafik Vektor, lalu klik menu “Edit - Convert to Bitmap”.
|
|
D
|
Pilih Grafik Vektor, lalu klik menu “Bitmaps - Convert to
Bitmap”.
|
|
E
|
Pilih
Grafik Vektor, lalu klik menu “Edit - Convert-Convert to Bitmap”.
|
42
|
Format file video yang dapat dengan mudah dan langsung bisa digunakan
pada Adobe Flash adalah .....
|
|
|
A
|
AVI
|
|
B
|
MPEG
|
|
C
|
DIVX
|
|
D
|
MOV
|
|
E
|
SWF
|
43
|
Filter yang dapat digunakan untuk mempertajam gambar digital yang agak
kabur adalah ....
|
|
|
A
|
Blur
|
|
B
|
Pixelate
|
|
C
|
Stylize
|
|
D
|
Sharpen
|
|
E
|
Mask
|
44
|
Perhatikan gambar berikut ini. Apabila kita akan merubah ukuran lebar
gambar dan secara otomatis tinggi gambar menyesuaikan maka yang
kita harus lakukan adalah .....
|
|
|
A
|
Mencentang bagian Constrain propotion
|
|
B
|
Meresize tinggi gambar dengan presentasi yang sama
|
|
C
|
Merubah satuan dengan jenis yang sama
|
|
D
|
Menekan tombol auto
|
|
E
|
Menyamakan nilai ukuran lebar dan tinggi
|
45
|
Pada program Adobe Photoshop, untuk membuat layer-layer yang sudah ada
menjadi satu layer saja maka digunakan dengan istilah ....
|
|
|
A
|
Flatten Image
|
|
B
|
Unity Layers
|
|
C
|
Grouping Component
|
|
D
|
Joint layers
|
|
E
|
Convert to one layers
|
46
|
Format standar dari program Adobe Photoshop adalah .....
|
|
|
A
|
JPG
|
|
B
|
BMP
|
|
C
|
PSD
|
|
D
|
PNG
|
|
E
|
GIF
|
47
|
Pada Adobe Flash, untuk melakukan pengetesan animasi yang kita buat
dapat dilakukan dengan menekan tombol?
|
|
|
A
|
Enter
|
|
B
|
Ctrl + Enter
|
|
C
|
F12
|
|
D
|
Ctrl + F12
|
|
E
|
F9
|
48
|
Pada Adobe Flash, bila kita akan melakukan konversi sebuah objek
gambar menjadi sebuah tombol / button maka kita gunakan convert to symbol
dengan menekan short cut?
|
|
|
A
|
F1
|
|
B
|
F2
|
|
C
|
F4
|
|
D
|
F6
|
|
E
|
F8
|
49
|
Satuan resolusi yang lazim digunakan dalam gambar digital adalah .....
|
|
|
A
|
Inchi
|
|
B
|
Cm
|
|
C
|
Pixel
|
|
D
|
DPI
|
|
E
|
megabyte
|
50
|
Format standard gambar digital yang merupakan output dari kamera digital
adalah .....
|
|
|
A
|
BMP
|
|
B
|
JPG
|
|
C
|
GIF
|
|
D
|
PNG
|
|
E
|
PSD
|
Minggu, 19 Mei 2019
LATIHAN SOAL TEORI KEJURUAN MULTIMEDIA 11 MM
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar