Minggu, 15 Maret 2020

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memasang RAM

Sejujurnya memasang memori RAM (RANDOM ACCES MEMORY) sangatlah mudah , karena memang modul memori RAM (RANDOM ACCES MEMORY) sudah di setting agar memudahkan para opreker komputer. Lalu kenapa memasang RAM (RANDOM ACCES MEMORY) menjaadi yang dibahas dalam proyek merakit computer?

Beberapa pertanyaan yang sering ditujukan oleh mereka yang baru memulai belajar merakit computer dan berkaitan dengan memasang RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) adalah apakah RAM (RANDOM ACCESS MEMORY ) yang dibeli sudah sesuai dengan komputer yang akan dibangun dan hal-hal seputar dual channel serta three channel.

Jika kamu belum membeli RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) maka pastikan kamu membeli RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) yang benar atau kamu bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang petunjuk agar tidak salah mebeli perangkat computer. Untuk mengingatkan saja RAM (RANDOM ACCESS MEMORY) yang kamu beli ditentukan oleh Motherboard yang sudah kamu beli. Perhatikan pada support memory apakah DDR 2,DDR 3, atau DDR 4. Selain itu perhatikan pada maksimal kapasitas yang didukung.
Untuk pemasangan kamu bisa melakukan dengan memasukan RAM (RANDOM ACCES MEMORY) ke slot yang tersedia. Jika pada suatu sisi kamu tidak bisa memasangnya maka tinggal diputar saja dengan memasang pada sisi yang lain. Karena RAM (RANDOM ACCES MEMORY) hanya dapat dipasang pada satu sisi dan tidak bisa dipasang pada sisi yang lainya maka tidak ada yang perlu dihawatirkan.
Disisi lain fitur dual channel yang tersedia yang akan memperepat kinerja komputer  , hanya bisa aktif jika terpasang dua modul RAM begitu pula fitur tiga channel. Itu artinya jika kamu hanya memasang satu RAM , maka fitur tersebut tidak akan aktif meskipun begitu RAM tetap akan berjalan seperti biasa. Untuk pemasangan agar fitur dual channel aktif , pemasangan harus bersilang. Hal ini berlaku untuk motherboard yang memiliki 4 atau lebih slot memory RAM. Maksud dari bersilang adalah jika kamu memasang satu RAM pada slot no satu maka RAM yang kedua harus dipasang pada slot RAM no 3.

Satu hal lagi agar tidak terjadi pincang (bottleneck) pada kinerja RAM dengan fitur dual Channel , maka usahakan spesifikasi dari RAM yang digunakan sama persis baik merk,kecepatan dan kapasitas.
Nah uraian diatas semoga sedikit membantu kamu yang akan merakit computer dan pada tahap memasang RAM. Termakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar